Peranan pendidikan agama Islam dalam proses terapi penyembuhan penyakit Lupus: studi kasus pada Yayasan Lupus Indonesia Cabang Jawa Timur di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setioningsih, Siti Nasyro Yuli (2011) Peranan pendidikan agama Islam dalam proses terapi penyembuhan penyakit Lupus: studi kasus pada Yayasan Lupus Indonesia Cabang Jawa Timur di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nasyro Yuli Setioningsih_D01206083.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/30964/

Abstract

Adapun Pendidikan Agama Islam sebagai terapi yaitu dengan menggunakan ibadah spiritual seperti dzikir, sholat, puasa, berwudhu, dan membaca Al-Qur'an. Rumusan masalah yang dapat diangkat ada tiga macam yaitu pertama: pengertian Pendidikan Agama Islam sebagai terapi penyembuhan penyakit, kedua: ruang lingkup penyakit lupus, ketiga: peranan Pendidikan Agama Islam sebagai terapi penyembuhan penyakit lupus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Setelah seluruh data yang dibutuhkan terkumpul, maka data tersebut dianalisa dengan menggunakan analisa 'Deskriptif Eksploratif' Dan analisa tersebut di peroleh kesimpulan bahwa Pendidikan Agama Islam sangat berperan terhadap terapi penyembuhan bagi penderita lupus. Hal itu dapat dilihat bahwa penderita lupus yang senantiasa mendekatkan din i kepada Allah dengan istiqomah, melakukan ibadah spiritual. Seperti: Dzikrullah, sholat, puasa, berwudhu, dan membaca Al-Qur'an mampu memberikan manfaat praktis bagi para penderita lupus baik secara psikis maupun fisik. Disarankan bagi penderita lupus agar melakulcan kegiatan terapi tersebut secara kontinu dan sungguh-sungguh agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Sehingga akan memperolah kesembuhan seperti yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setioningsih, Siti Nasyro Yuli--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Terapi
Keywords: Terapi; Penyakit; Lupus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:46
Last Modified: 09 Apr 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item