Peningkatan hasil belajar fikih materi adzan melalui strategi pembelaajaran index card match kelas 2 MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Linda (2019) Peningkatan hasil belajar fikih materi adzan melalui strategi pembelaajaran index card match kelas 2 MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Kusumawati_D97215094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Fikih materi adzan menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Rendahnya hasil belajar siswa juga diakibatkan penyampaian materi oleh guru disampaikan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Oleh karena itu peneliti mengatasi permasalahan dengan menggunakan strategi Index Card Match pada mata pelajaran Fikih materi adzan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada materi adzan mata pelajaran Fikih di MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi adzan mata pelajaran Fikih setelah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas II MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan strategi Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar Fikih materi adzan pada siswa kelas II MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi adzan setelah diterapkannya strategi Index Card Match pada siswa kelas II MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewwin.. Penelitian dilaksanakan MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Index Card Match pada mata pelajaran Fikih materi adzan kelas II MI Nur Rahman Sambibulu Taman Sidoarjo dapat meningkatkan aktivitas guru dengan nilai 78 (Cukup) pada siklus I menjadi 97 (sangat baik) pada siklus II. 2) Aktivitas siswa dengan perolehan nilai 73,07 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,38 (sangat baik) pada siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 69,62 pada siklus I meningkat menjadi 82,8 pada siklus II. 4) Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 41,6% (kurang sekali) meningkat menjadi 87,5% (kategori sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, LindaLindakusumawati62@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; Adza;Strategi pembelajaran; Index Card Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kusumawati Linda
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:20
Last Modified: 11 Apr 2019 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item