Pemanfaatan ikan mujahir untuk memberdayakan ekonomi buruh tani perempuan: studi ekonomi kreatif dengan memanfaatkan ikan mujahir untuk abon layak jual di Dusun Gumuk Desa Rayunggumuk Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosalina, Hesti (2019) Pemanfaatan ikan mujahir untuk memberdayakan ekonomi buruh tani perempuan: studi ekonomi kreatif dengan memanfaatkan ikan mujahir untuk abon layak jual di Dusun Gumuk Desa Rayunggumuk Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Rosalina_B92215074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian pendampingan kepada Pemberdayaan Ekonomi Buruh Tani Perempuan Dusun Gumuk Desa Rayunggumuk sebagai bentuk pengetahuan ekonomi keluarga melalui kemandirian berwirausaha. Dengan membangun kesadaran terhadap potensi yang dimiliki, agar mampu untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai positif terhadap keluarga. Sehingga aset yang pada awalnya tidak dimanfaatkan dengan baik, kini mampu meningkatkan kreatifitas dan pendapatan untuk mendongkrak perekonomian keluarga, yaitu bagaimana strategi yang dilakukan dan seperti apa hasil yang ingin dicapai. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yakni pendampingan dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. Asset Based Community Development (ABCD) memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia/ masyarakat dalam melakukan perubahan sosial. Melalui kegiatan yang menciptakan kemandirian perempuan (Ibu-ibu buruh tani) dalam meningkatkan penghasilan, maka dibentuklah kelompok wirausaha Abon Ikan Mujahir yang selama ini terbuang dengan percuma karena harga jual rendah dan ketika kemampuan untuk mengelola komoditas tersebut. Pelatihan dan uji coba pembuatan abon ikan berdampak kepada perubahan pola pikir kelompok dampingan, bahwa kelompok tersebut mampu berdaya dengan memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki, agar menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan mampu menuju ke perubahan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosalina, Hestirosalina.hesti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Emansipasi wanita
Masyarakat
Keywords: Kesadaran aset; usaha peningkatan olahan ikan mujahir; penguatan ekonomi buruh tani
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosalina Hesti
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:08
Last Modified: 12 Apr 2019 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31112

Actions (login required)

View Item View Item