Representasi pesan Agama dalam sinetron Tangis Kehidupan Wanita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwati, Ria Rusfa Devi (2019) Representasi pesan Agama dalam sinetron Tangis Kehidupan Wanita. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ria Rusfa Devi Purwati_B91215071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah tentang pesan agama yang terkandung dalam sinetron Tangis Kehidupan Wanita. Untuk mengetahuinya, terdapat beberapa fokus masalah, yaitu: Bagaimana representasi pesan agama dalam sinetron Tangis Kehidupan Wanita ?. Untuk menjawab fokus masalah diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian teks media. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis semiotik model Roland Barthes dengan signifikasi dua tahap yakni denotasi dan konotasi sebagai kunci analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, representasi pesan agama dalam sinetron Tangis Kehidupan Wanita, diantaranya: sabar terhadap cobaan, terhadap perlakuan tidak baik dari orang lain, dan membalas kejahatan dengan kebaikan, serta kasih sayang ibu kepada anak, dan kasih sayang anak kepada ibu. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, agar lebih mampu mengembangkan penelitian ini dilihat dari sudut pandang yang berbeda, misalnya karakteristik sinematografi dalam Sinetron Tangis Kehidupan Wanita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwati, Ria Rusfa Devideviria43@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Keywords: Representasi; Pesan Agama; Sinetron
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Purwati Ria Rusfa Devi
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:32
Last Modified: 16 Apr 2019 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item View Item