Simbolisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Sulaiman (kajian Q.S. al-Naml [27]: 17-44)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Nurul Lailatul (2019) Simbolisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Sulaiman (kajian Q.S. al-Naml [27]: 17-44). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Lailatul Islamiyah_D91215104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yang akan dikaji yaitu: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Sulaiman pada Q.S. al-Naml [27]: 17-44? (2) Bagaimana memaknai simbol dari tokoh yang disebutkan dalam Q.S. al-Naml [27]: 17-44? Banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam bangsa ini, terutama dalam ranah karakter setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Adapun latar belakang penelitian ini karena keingintahuan penulis tentang kepribadian atau karakter setiap tokoh yang ada dalam kisah para Nabi yang dapat dijadikan contoh dalam berinteraksi dengan masyarakat. Maka lahirlah solusi dengan menggunakan pendidikan karakter, dalam mengembangkan karakter tentunya harus ada teladan yang dapat dicontoh, agar tidak monoton maka penulis memilih kisah Nabi Sulaiman sebagai objek. Kisah yang baik dan cermat tentunya dengan mudah akan digemari dan dapat menembus jiwa manusia, mereka akan mengikuti alur cerita yang ada dan tentunya akan mengetahui setiap karakter para tokoh yang ada sehingga mereka dapat memetik inti dari setiap kisah tersebut serta bisa menambah pengetahuan mereka tentang moralitas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseach) dengan objek salah satu kisah Nabi yang ada dalam Al-Qur’an “Q.S. al-Naml [27]: 17-44 tentang kisah Nabi Sulaiman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter para tokoh yang ada dalam kisah Nabi Sulaiman. Metode dokumentasi merupakan cara pengeumpulan data yang dipilih dalam penelitian ini yaitu berasal dari kajian kitab tafsir Q.S. al-Naml. Sedangkan dalam analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu mengumpulkan bahan-bahan kemudian diuraikan, ditafsirkan serta ditarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Sulaiman (Kajian Q.S. al-Naml [27]: 17-44 adalah: Tawadhu’, adil, bersyukur, disiplin, demokratis, kreatif, tegas, peduli, kerja keras, saling menolong, jujur, amanah, tanggung jawab, berani, cerdas, kuat dan percaya diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Nurul Lailatulnoerulislamiyah23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Simbolisasi; Nilai; Pendidikan Karakter; Kisah Nabi Sulaiman (Kajian Q.S. al-Naml [27]: 17-44)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Lailatul Islamiyah
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:42
Last Modified: 15 Apr 2019 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item