Prinsip Wadi'ah sebagai strategi pemberdayaan BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo dalam menghadapi risiko pembiayaan Musharakah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiana, Dina (2019) Prinsip Wadi'ah sebagai strategi pemberdayaan BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo dalam menghadapi risiko pembiayaan Musharakah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Istiana_G74215057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Prinsip Wadi’ah Sebagai Strategi Pemberdayaan Bmt An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo Dalam Menghadapi Risiko Pembiayaan Musharakah” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yaitu bagaimana model pembiayaan musha>rakah, bagaimana pemberdayaan dengan proses manjemen risikonya dan Bagaimana penerapan prinsip wadi’ah yang dijadikan sebagai strategi Pemberdayaan Bmt An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo Dalam Menghadapi Risiko Pembiayaan Musharakah. Untuk menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara langsung dengan informan atau narasumber, di mana narasumber dari penelitian ini yaitu Direktur dan pengurus dari BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menyalurkan dana melalui pembiayaan musharakah, BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo tidak akan luput dengan adanya risiko. Risiko yang terjadi di BMT disebabkan nasabah mengalami gagal bayar dan adanya unsur kesengajaan nasabah tidak melakukan kewajibannya. Dalam pemberdayaan BMT untuk memberikan perlindungan agar BMT dapat menghadapi risiko dengan melakukan proses manajemen risiko dengan cara mengidentifikasi risiko, menilai/mengukur risiko, solusi risiko dan memantau atau mengevaluasi risiko. Dalam mengidentifikasi risiko BMT menggunakan analisis dengan prinsip 5C yaitu: character, capacity, capital, collateral, condition of economic. Dalam pembiayaan yang sudah mengalami risiko BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo menggunakan upaya atau metode untuk meminimalkan dengan cara rescheduling, pendekatan secara personal, serta penyaranan untuk take over dan jual asset. Tetapi Upaya dalam melakukan perlindungan dengan proses manajemen risiko pada kenyataanya masih belum bisa mengatasi masalah yang terjadi, oleh karena itu BMT An-Nur Rewwin melakukan strategi pemberdayaan melalui penguatan sisi kelembagaanya menggunakan dana wadi’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiana, Dinadina.istiana2209@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keywords: Prinsip wadi’ah; Pemberdayaan; Risiko pembiayaan musharakah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Istiana Dina
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:18
Last Modified: 16 Apr 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item View Item