Respon masyarakat Pemuda Islam terhadap program Broadband Learning Center (BLC) di Surabaya: studi kasus BLC Menanggal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Muhammad Nur (2019) Respon masyarakat Pemuda Islam terhadap program Broadband Learning Center (BLC) di Surabaya: studi kasus BLC Menanggal. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Hidayatullah_F520915025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Demi mewujudkan kepedulian akan pentingnya teknologi informasi dan sebagai upaya percepatan menuju Surabaya “Cyber City”, pemerintah Kota (Pemkot)Surabaya bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia membangun “Broadband Learning Center” (BLC) di sejumlah daerah salah satunya di Kantor Kelurahan Menanggal BLC. Pemuda Islam sebagai generasi yang memiliki peran besar dalam kehidupan suatu Negara, tidak lepas dari arus perkembangan teknologi yang menuntut pemuda untuk tetap menguasainya dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pemuda Islam terhadap program pelatihan BLC. Objek penelitian ini adalah pemuda Islam yang menjadi anggota Remaja Masjid di daerah Menanggal. Studi ini membahas tentang gambaran, bayangan atau representatisi kognitif dari para pemuda Islam tentang program BLC yang telah diikuti selama ini. Selain itu penelitian bertujuan untuk mengetahui respon secara kognitif, afektif dan konatif yang muncul dari objek penelitian ketika mendapatkan stimulus eksternal berupa kehadiran program pelatihan BLC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan adanya respon positif baik secara kognitif, afektif maupun konatif yang ditunjukkan dari peringkat variabel pertanyaan pada kuisioner yang dibagikan pada responden dan pada indikator masing-masing respon telah terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Muhammad Nurnur.hidayat171091@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Dirasah Islamiyah
Pemuda Islam
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Cyber city; Broadband Learning Center; BLC; Respon; Pemuda Islam
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hidayatullah Muhammad Nur
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:03
Last Modified: 15 Apr 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31321

Actions (login required)

View Item View Item