Implementasi metode drill dalam pembelajaran al-Qur'an pada anak tunagrahita jenjang SMA di SLB Paedagogia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halaliyah, Rizky (2019) Implementasi metode drill dalam pembelajaran al-Qur'an pada anak tunagrahita jenjang SMA di SLB Paedagogia Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Halaliyah_D91215108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Metode Drill (2) Bagaimana Hasil dari Penerapan metode drill dalam pembelajaran al-Qur’an pada anak tunagrahita jenjang SMA di SLB Paedagogia Surabaya.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian pada anak tunagrahita terkait pembelajaran al-Qur’an. Seharusnya anak tungarhaita sendiri harus memiliki perhatian lebih karena keterbatasan pemahaman yang mereka miliki IQ di bawah rata-rata dari pada anak pada umumnya sehingga dalam proses pembelajaran membutuhkan perhatian khusus.Data-data penelitian ini dihimpun dari peserta didik di SLB Tunagrahita Surabaya sebagai obyek penelitian, dan berfokus pada implementasi metode drill dalam pembelajaran al-Quran pada kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) terlebih bagi anak yang mengalami tunagrahita. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi . berkenaan dengan itu, penelitin yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melihat data-data yang digunakan berupa hasil wawancara pendidik, peserta didik dan kepala sekolah. Serta observasi lapangan dan deskripsi dokumentasi yang ada.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan pendidik sudah menerapkan metode drill dalam kegiatan TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an) pa peserta didik yang tunagrahita. Kegiatan TPA tidak hanya mempelajari tentang menghafal surat pendek, tetapi juga mempelajari praktek sholat, wudhu dan hafalan doa sehari-hari. Untuk menghafal surat pendek emnngunakan metode drill, selama satu semester, mereka mampu menghafalkan empat sampai tujuh surat pendek yang ada dalam al-Qur’an

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halaliyah, Rizkyhalaliyah15@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Metode Drill; Pembelajaran al-Qur’an; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halaliyah Rizky
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:11
Last Modified: 15 Apr 2019 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31323

Actions (login required)

View Item View Item