Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris materi simple past tense siswa kelas V MI roudlotul banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiya, Nur (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris materi simple past tense siswa kelas V MI roudlotul banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Maulidiya_D07215033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo dalam keterampilan menulis kalimat simple past tense Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat diketahui saat saat wawancara dan diperkuat dengan hasil pre tes siswa. Hasil yang diperoleh dari pre tes yaitu sebesar 23,5% siswa yang nilainya mencapai KKM dalam materi simple past tense. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis ini melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Therowing untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris materi Simple Past Tense pada siswa kelas V MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulisbahasa Inggris materi Simple Past Tense dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas V MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo?. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin. Tindakan yang dilakukan terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo pada kelas V dengan jumlah siswa 17, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat dan telah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat simple past tense siswa. Sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,06 (rendah). 2) Keterampilan menulis simple past tense siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 75,59 (baik) meningkat menjadi 85,89 (sangat baik) di siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 64,71% (cukup) pada siklus I menjadi 88,24% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 77,6 (cukup) di siklus I menjadi 91,1 (sangat baik) pada siklus II dan aktivitas guru meningkat dari 79,1 (cukup) di siklus I menjadi 90,4 (sangat baik) di siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiya, Nurnurmaulidiya21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Menulis
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan Menulis; Bahasa Inggris; Model Snowball Throwing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulidiya Nur
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:30
Last Modified: 16 Apr 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31363

Actions (login required)

View Item View Item