Pesan dakwah Rhoma Irama dalam lirik lagu "Baca" di media sosial Youtube: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Miftakhul (2019) Pesan dakwah Rhoma Irama dalam lirik lagu "Baca" di media sosial Youtube: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Maghfiroh_B91215064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Baca – Rhoma Irama. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Baca – Rhoma Irama berdasarkan teori analisis semiotik model Roland Barthes. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif non kancah. Jenis penelitian yang digunakan yakni analisis semiotika. Sedang teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Baca – Rhoma Irama, diantaranya yakni pesan aqidah dan juga akhlak. Pesan aqidah pada lirik lagu Baca Rhoma Irama terlihat dimana manusia berprasangka baik kepada Allah SWT dengan tetap bertawakal kepada-Nya. Selain mengandung pesan aqidah pada lirik lagu Baca ini juga terdapat pesan akhlak yang terwujud dari sikap merendah diri manusia dihadapan Allah SWT untuk memohon ampun dan meminta perlindungan kepada-Nya atas cobaan yang diberikan Allah SWT kepadanya. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yaitu lebih mengembangkan penelitian ini dengan mengambil dari sisi lainnya. Misalnya dengan menganalisis menggunakan teori yang berbeda dari teori Roland Barthes. Karena berbedanya teori dalam suatu analisis maka akan berbeda pula simpulan yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Miftakhulmiftatt@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Pesan Dakwah; Dangdut; Analisis Semiotik model Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maghfiroh Miftakhul
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:18
Last Modified: 16 Apr 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31407

Actions (login required)

View Item View Item