Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia-Malaysia (PATKOR KASTIMA) sebagai media Kerjasama Kepabeanan Pemerintah Indonesia-Malaysia dalam mencegah penyelundupan barang Ilegal Tahun 2015-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Maria (2019) Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia-Malaysia (PATKOR KASTIMA) sebagai media Kerjasama Kepabeanan Pemerintah Indonesia-Malaysia dalam mencegah penyelundupan barang Ilegal Tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maria Ulfa_I72215016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu kerjasama Indonesia-Malaysia di bidang kepabeanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Kerjasama kepabeanan Pemerintah Indonesia-Malaysia dalam mencegah penyelundupan barang ilegal ialah dengan cara bekerjasama pada segi patroli laut. Patroli tersebut dinamakan Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia-Malaysia atau biasa disingkat dengan sebutan PATKOR KASTIMA. Dalam melakukan patroli, Indonesia memiliki sector operasi mulai dari Aceh hingga Batam, sedangkan Malaysia yakni mulai dari Langkawi hingga Johor. 2) Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia-Malaysia (PATKOR KASTIMA) sebagai Media Kerjasama Kepabeanan Pemerintah Indonesia-Malaysia dalam mencegah penyelundupan barang illegal tahun 2015-2017 memiliki dampak yang sangat luar biasa terhadap hubungan bilateral antara Indonesia-Malaysia, pencegahan barang ilegal yang hendak masuk ke Indonesia serta peningkatan penerimaan negara. Karena kerjasama tersebut tidak hanya terfokus pada sisi pencegahan saja, melainkan juga untuk menjalin hubungan yang erat serta koordinasi yang baik dengan pihak Malaysia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Mariamariaulfarevanisputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Indonesia
Kerjasama Internasional
Keywords: PATKOR KASTIMA; Kerjasama; Penyelundupan Barang Ilegal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Ulfa Maria
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:46
Last Modified: 16 Apr 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item