Kebijakan luar negeri Turki terhadap Israel pada masa kepemimpinan presiden Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2014-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhalizah, Mevy Eka (2019) Kebijakan luar negeri Turki terhadap Israel pada masa kepemimpinan presiden Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2014-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mevy Eka Nurhalizah_I02215004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab bagaimana kebijakan luar negeri Turki terhadap Israel pada masa pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan selama satu periode yakni dari tahun 2014 hingga 2018. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan konsep kepentingan nasional, empat elemen dasar kepentingan nasional telah diimplementasikan dengan baik oleh Turki dengan lima prinsip dasar yang dianut. Kepentingan nasional Turki mengarah kepada empat hal yaitu menjadi bridge country, kesejahteraan ekonomi, menjadi negara yang berpengaruh dikawasan dan global serta menjaga keamanan wilayah. Kemudian peneliti mencoba menganalisa menggunakan model aktor rasional dalam teori pilihan rasional. Dengan model ini dapat diketahui bahwa kebijakan nasional Turki terhadap Israel lebih banyak bersifat negatif daripada positif. Penyebabnya adalah kepentingan nasional dan keuntungan yang didapatkan oleh Turki jauh lebih banyak jika mengecam Israel bukan mendukungnya. Isu yang mendapatkan respon dari Turki adalah kebijakan Israel untuk Palestina perihal pemukiman ilegal yang dibangun, pelarangan ibadah di Haram Al-Sarif, rancangan Undang-Undang pelarangan Adzan, dan pembunuhan demonstran Palestina.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhalizah, Mevy Ekamevyekanurhalizah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Kepentingan Nasional; Kebijakan Luar Negeri; Turki; Israel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nurhalizah Mevy Eka
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:03
Last Modified: 16 Apr 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item