الأفعال الكلامية في سورة المدثر: دراسة تحليلية تداولية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanullah, Khanif (2019) الأفعال الكلامية في سورة المدثر: دراسة تحليلية تداولية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khanif Amanullah_A71215063.pdf

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada tindak tutur dalam surat al-Mudatsir. Untuk memahami dialog atau percakapan dalam sebuah cerita diperlukan suatu pendekatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis pragmatik. Pragmatik adalah studi bahasa yang mengkaji hubungan antara bahasa dengan konteksnya yang merupakan dasar dari penentuan pemahamannya. Atau dengan kata lain, pragmatik adalah studi tentang maksud yang dituturkan oleh penutur dan ditafsirkan oleh pendengar. Terkadang penutur menyampaikan maksudnya melalui tuturan supaya pendengar atau lawan tutur melakukan tindakan sesuai apa yang dimaksud oleh penutur. Tindakan yang ditampilkan lewat tuturan disebut dengan tindak tutur. Dalam kajian pragmatik, tindak tutur dikategorikan menjadi tiga yaitu, tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang dituturkan dalam surat al-Mudatsir. Fokus penelitian ini adalah bagaimana bentuk, fungsi, dan makna tindak tutur dalam surat al-Mudatsir. Adapun pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan jenis library research. Dengan demikian peneliti mendapatkan hasil bahwa dalam surat al-Mudatsir terdapat bentuk tindak tutur yang dibagi menjadi tiga jenis yaitu lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Adapun fungsi tindak tutur dalam penelitian ini, meliputi fungsi direktif, representatif, deklaratif, dan ekspresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanullah, Khanifkhanifamanullah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Pragmatik; Tindak Tutur; Lokusi; Ilokusi; Perlokusi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Amanullah Khanif
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:31
Last Modified: 18 Apr 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31518

Actions (login required)

View Item View Item