Konstribusi Habib Sholeh Bin Muhsin Al Hamid dalam penguatan keislaman di Tanggul Pada Tahun 1933M-1976M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Okta, Siti Khotijah Nur (2019) Konstribusi Habib Sholeh Bin Muhsin Al Hamid dalam penguatan keislaman di Tanggul Pada Tahun 1933M-1976M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khotijah Nur Okta_A92215056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Konstribusi Habib Sholeh bin Muhsin al Hamid dalam Penguatan Keislaman di Tanggul Jember pada tahun 1933- 1976 M memiliki tiga fokus penelitian, yaitu:Bagaimanakah sejarah masuknya orang Arab Hadramaut ke Nusantara. Bagaimanakah riwayat hidup Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid. Bagaimana konstribusi Habib Sholeh dalam mengkuatkan Islam masyarakat Tanggul pada tahun1933M – 1976 M. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sosial yang menggunakan pendekatan Sosio-Antropologis, untuk mengkaji bagaimana konstruksi sosial dan budaya yang mempengaruhi pola kehidupan seorang tokoh masyarakat, yang bernama Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid. Serta bagaimana sang tokoh membangun otoritas ketokohannya. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Kharismatik dari Max Weber yang menjelaskan tentang otoritas kepemimpinannya. Kemudian menggunakan Teori Kedudukan dari Soerjono Soekanto untuk menjelaskan kedudukannya sebagai keturunan Rasulullah SAW di dalam masyarakat dan Teori Peranan dari Levinson untuk menjelaskan peranan. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interprestasi (Penafsiran) dan Historiografi. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Islam datang ke Nusantara dibawa oleh orang Arab Hadramaut khususnya kaum Alawiyyin (keturunan Rasulullah SAW). Mereka bermigrasi ke Nusantara dengan berbagai faktor,salah satunya berdakwah dan berdagang. (2) Habib Sholeh Bin Muhsin Al Hamid lahir di Qorbah Ba Karman, Hadramaut. Dia melakukan hijrah pada tahun 1921 ke Lumajang kemudian pada tahun 1933 menetap di Tanggul Jember. (3) Habib Sholeh memberikan konstribusi dalam penguatan keislaman masyarakat Tanggul melalui pendekatan tasawuf yang diterapkan pada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Okta, Siti Khotijah Nursitikhotijahnurokta@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Habib Sholeh Bin Muhsin Al Hamid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Okta Siti Khotijah Nur
Date Deposited: 18 Apr 2019 05:03
Last Modified: 18 Apr 2019 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31549

Actions (login required)

View Item View Item