Toleransi Umat Beragama: studi posisi umat Islam di Kerajaan Majapahit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Faizul (2019) Toleransi Umat Beragama: studi posisi umat Islam di Kerajaan Majapahit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizul Maghfiroh_A92215083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Toleransi Umat Beragama: Studi Posisi Umat Islam di Kerajaan Majapahit memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimana sejarah Kerajaan Majapahit. Bagaimana proses masuknya Islam di Jawa, khususnya Kerajaan Majapahit. Bagaimana hubungan antara Islam dan Kerajaan Majapahit. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut digunakan peneliti bertujuan untuk menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah dan untuk menjelaskan sejarah Kerajaan Majapahit serta proses Islamisasi Jawa khususnya di wilayah Kerajaan Majapahit, sehingga dapat mengungkap hubungan Umat Islam dan posisi Umat Islam di masa Kerajaan Majapahit. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Penetration Pacifique dari Hasan Mu’arif Ambary yang menjelaskan tentang kebudayaan baru yang di sampaikan kepada masyarakat dengan cara damai saling bertoleransi sehingga penerimaan kedua kebudayaan tersebut tidak akan menimbulkan konflik, justru menambah khazanah budaya masyarakat setempat. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interprestasi (Penafsiran) dan Historiografi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu terbesar yang wilayah kekuasaannya mencakup Nusantara, sektor ekonominya ditopang oleh pertanian dan perdagangan melalui jalur pelayaran. (2) Islam masuk ke Jawa khususnya kerajaan Majapahit melalui beberapa faktor yaitu; peran wali atau mullah, perdagangan, dan perkawinan. Buktinya terdapat banyak artefak yang ditemukan bernafaskan Islam di sekitar wilayah dan di pusat kerajaan Majapahit. (3) Kerajaan Majapahit memiliki pedoman hidup yang sangat tinggi Bhineka Tunngal Ika Tan Hana Dharma Mangrva sehingga bisa menerima kebudayaan lain berkembang, umat Islam memiliki posisi yang cukup penting dan dilindungi oleh penguasa Majapahit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Faizulfaizulmaghfiroh76@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Toleransi
Keywords: Toleransi; Majapahit; Posisi Umat Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Maghfiroh Faizul
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:28
Last Modified: 24 Apr 2019 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31570

Actions (login required)

View Item View Item