Peningkatan kemampuan Motorik Halus pada jari jemari pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 122 Pertiwi Randegansari Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Umi (2019) Peningkatan kemampuan Motorik Halus pada jari jemari pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 122 Pertiwi Randegansari Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Sa'adah_D98215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada jari jemari anak melalui kegiatan kolase dengan macam-macam media pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 122 Pertiwi Randegansari. Pada judul ini terdapat alasannya karena sebagian besar kelompok B TKM NU 122 Pertiwi memilik kriteria motorik halus rata-rata belum berkembang. Untuk rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kolase dalam meningkatkan motorik halus pada jari jemari anak kelompok B di taman kanak-kanak muslimat NU 122 pertiwi Randegansari Driyorejo Gresik dan bagaimana hasil dari pelaksanaan kolase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada jari jemari kelompok B di taman kanak-kanak muslimat NU 122 Pertiwi Randegansari Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi.Menggunakan 2 jenis analisis data yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase.Dengan menggunakan 3 rumus yaitu penilaian hasil belajar, penilaian rata-rata dan penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan yang baik dari kondisi awal sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas hingga penelitian tindakan kelas siklus II tahap akhir. Kondisi awal ketuntasan belajar hanya 15%, tindakan diberikan ketuntasan belajar yang pada siklus I pertemuan pertama sebesar 30% kemudian pada pertemuan kedua meningkat menjadi 45% dan pada siklus ke II pertemuan pertama meningkat lagi menjadi 70% dan pertemuan kedua bertambah lagi menjadi 85%. Dengan demikian kemampuan motorik halus jari jemari anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase dengan berbagai media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Umiumisaadahpgra@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan motorik halus jari jemari; kegiatan kolase
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Sa'adah Umi
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:22
Last Modified: 22 Apr 2019 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31581

Actions (login required)

View Item View Item