Pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar anak Tunagrahita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anugrahani, Brimita Cahya (2019) Pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar anak Tunagrahita. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Brimita Cahya Anugrahani_B93215098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar anak tunagrahita? 2) Bagaimana hasil pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar anak tunagrahita? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan analisis data kualitatif, yaitu peneliti membandingkan teori dengan praktik di lapangan mengenai proses dan hasil pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar anak tunagrahita Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun proses pengembangan produk dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan menurut S. Thiaragajan, yaitu dalam 4 tahap. 4 tahap tersebut antara lain: tahap pendefinisian, tahap perancangan produk, tahap uji produk, tahap penyebaran produk. Berdasarkan penyajian data dan analisis data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pola asuh orang tua berbasis Modul Positive Parenting di Era Milenial ini cukup berhasil mengembangkan kemampuan orang tua dalam mendidik anak secara efektif terutama dalam hal meningkatkan sikap kemandirian belajar anak tunagrahita. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator pola asuh orang tua yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan modul positive parenting. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan subjek bahwa ia merasa lebih tenang dan tidak menguras energi banyak dalam mendidik anaknya karena telah menerapkan tahapan yang ada di Modul Positive Parenting di Era Milenial

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anugrahani, Brimita Cahyacahyabrimita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Penyandang Cacat
Orang tua dan Anak
Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Positive Parenting; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anugrahani Brimita Cahya
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:23
Last Modified: 23 Apr 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31594

Actions (login required)

View Item View Item