Metodologi penafsiran achmad nasrullah abdurrochim (1935 M-2002 M) dalam Kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Dewi Wardatul (2019) Metodologi penafsiran achmad nasrullah abdurrochim (1935 M-2002 M) dalam Kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Wardatul Karimah_E93215097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia Islam, Alquran menjadi objek bagi mereka yang tertarik padanya untuk diteliti sebagai salah satu karya sejarah. Salah satu karya tersebut adalah al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an karya Achmad Nasrullah Abdurrochim (1935 M-2002 M) dari Tambakberas Jombang. Kitab ini merupakan tafsir ahkam yang muncul di kalangan pesantren pada era modern. Kitab tafsir ahkam ini ditulis tangan dengan menggunakan bahasa Arab dalam 3 jilid. Penulisan tafsir ayat-ayat hukum tersebut dimulai ketika Achmad Nasrullah Abdurrochim banyak menemui kasus saat menjadi hakim. Ditulisnya kitab ini juga sebagai bahan pembelajaran murid dan santrinya, sehingga kitab ini hanya dipergunakan di kalangan pribadi saja. Pokok kajian yang diteliti dari kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an adalah segi metodologi penafsirannya. Maka dirumuskan tiga masalah dalam penelitian ini terkait dengan metodologi tafsir. Pertama, bagaimana prinsip dan sumber penafsiran Achmad Nasrullah Abdurrochim dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Kedua, bagaimana metode dan pendekatan yang digunakan Achmad Nasrullah Abdurrochim dalam kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an. Ketiga, bagaimana prosedur penafsiran Achmad Nasrullah Abdurrochim dalam kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Data-data dalam penelitian ini didapat dari kitab tafsirnya secara langsung (dokumentasi) serta wawancara. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menjadikan kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an sebagai sumber primer serta buku-buku metodologi dan kitab tafsir lain sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan berprinsip Alquran sebagai jawaban dari berbagai persoalan yang dihadapi umat, Achmad Nasrullah Abdurrochim mencoba menafsirkan ayat-ayat hukum dalam Alquran dengan berhati-hati. Ia lebih memilih menggunakan sumber-sumber penafsiran riwayah (tafsir bi al-ma’thur) dibanding pendapatnya sendiri. Kitab ini digolongkan sebagai tafsir yang menggunakan metode maudhui sebab hanya fokus pada ayat-ayat hukum tertentu, dan metode muqaran sebab dalam setiap penafsirannya ia selalu menguraikan perbandingan pendapat antar madzhab. Adapun prosedur penafsiran yang ia gunakan adalah menjelaskan kosa kata setelah penulisan ayat, kemudian ia sebutkan sabab nuzulnya (jika ada), selanjutnya ia tafsirkan ayat yang telah ditulis dengan penafsiran model kitab fikih pesantren (model tanya jawab) dengan merujuk pada berbagai sumber, dan prosedur terakhir adalah kesimpulan. Dari hasil penelitian yang ada dapat diketahui bahwasanya kitab al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an merupakan ringkasan dari kitab Rawa’i al-Bayan karya Ali Ash-Shabuni.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Dewi Wardatulwardahkarimah9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Metodologi; al-Tibyan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an; Achmad Nasrullah Abdurrochim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Karimah Dewi Wardatul
Date Deposited: 23 Apr 2019 05:06
Last Modified: 23 Apr 2019 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31672

Actions (login required)

View Item View Item