Relevansi antara medis dan fikih tentang perdarahan pervaginam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafaah, Nur Lailatul (2016) Relevansi antara medis dan fikih tentang perdarahan pervaginam. Jurnal Studi Gender Indonesia, 5 (2). pp. 143-177. ISSN 2087-9830

[img] Text
Nur Lailatul Musyafaah_Relevansi Antara Medis dan Fikih tentang Perdarahan Pervaginam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang relevansi antara medis dan fikih tentang perdarahan pervaginam. Dalam pandangan pakar medis, perdarahan pervaginam dikaji dalam ilmu obstetri dan ginekologi. Darah wanita yang keluar dari vagina meliputi perdarahan yang berasal dari rahim dan dari luar rahim. Perdarahan dari rahim disebabkan oleh menstruasi, perdarahan uterus abnormal, dan perdarahan pada masa nifas. Sedangkan perdarahan dari luar rahim disebabkan oleh penyakit seperti tumor atau kanker, dan perlukaan yang diakibatban oleh persalinan, koitus, pembedahan ginekologik, trauma aksidental dan perlukaan akibat benda asing. Fikih adalah ilmu yang mempelajari tentang hukum shar’i yang berkaitan dengan amal ibadah yang disandarkan pada dalil yang terperinci. Dalam kitab fikih, ulama biasanya membahas tentang masalah darah wanita dalam bab taharah. Ulama sepakat bahwa darah wanita dibagi menjadi tiga yaitu darah haid, nifas dan istihadah. Terdapat relevansi antara perdarahan pervaginam dalam tinjauan medis dan fikih, bahwa penjelasan medis bersifat empiris dan fikih bersifat normatif, penjelasan fikih bernilai ibadah sedangkan penjelasan medis bernilai sosial, penjelasan medis memperkuat rumusan hukum yang ditetapkan ulama fikih, dan pembahasan darah wanita dalam tinjauan medis dan fikih bagian dari pembahasan reproduksi wanita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafaah, Nur Lailatulnurlailashafaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Wanita
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Dr. Musyafa'ah Nur Lailatul
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:51
Last Modified: 29 Apr 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31749

Actions (login required)

View Item View Item