Perilaku komunikasi penggemar kpop: studi fenomenologi tentang perilaku penggemar kpop sebagai audien video musik girlband Blackpink“ddu du ddu” di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shalihah, Mamiek Sayyidatus (2019) Perilaku komunikasi penggemar kpop: studi fenomenologi tentang perilaku penggemar kpop sebagai audien video musik girlband Blackpink“ddu du ddu” di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mamiek Sayyidatus Shalihah_B06215022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana penggunaan komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink “ddu du ddu du”di UIN Sunan Ampel Surabaya?. (2) Bagaimana perilaku penggunaan media dalam komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink “ddu du ddu du” di UIN Sunan Ampel Surabaya? Untuk mengungkap secara menyeluruh dan mendalam jawaban dari persoalan tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink “ddu du ddu du” di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan didasari teori budaya popular. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink “ddu du ddu du”di youtube terdapat beberapa temuan penelitianyaitu, terdapat perilaku berkomentar, bernyanyi, berdiskusi, mengunduh lagu, menunjukkan ekspresi, menggerakkan tubuh, berbagi informasi di media sosial, serta mencari terjemahan lagu. Perilaku tersebut dilakukan oleh penggemar kpop sebagai audien dari video musik ddu du ddu du milik Blackpink. Dari penelitian ini, peneliti berharap adanya kajian yang lebih mendalam mengenai perilaku mengonsumsi produk budaya populer dan nilai budaya, agama dan sosial yang dianut oleh penggemar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shalihah, Mamiek Sayyidatusayiek.mss@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Musik
Keywords: Perilaku Komunikasi; Kpop; Black Pink
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shalihah Mamiek Sayyidatus
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:17
Last Modified: 25 Apr 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31777

Actions (login required)

View Item View Item