Perspektif pandangan tokoh agama terdadap jual beli Gabah Kotor: studi di Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafi'i, Moch. Imam (2011) Perspektif pandangan tokoh agama terdadap jual beli Gabah Kotor: studi di Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Imam Syafi'i_C32207011.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/31865/

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban terhadap bagaimana pundangan tokoh agama Islam terhadap ketentuan hukum jual beli gabah kotor di Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Dalam penelitian ini metode yang ligunakan adalah dcskriptif vcrifikatif dengan pola pikir induktif, yaitu pola pikir dari hal-hal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Dengan mendcskripsikan tentang Pandangan Tokoh Agama lslam terhadap jual beli gabah kotor di Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Menurut pemikiran tokoh agama sckitar, ada yang membolehkan melakukan sistem jual beli gabah kotor, karena sudah ada kcscpakatan antara kedua belah pihak yang berakad. Sebagian tokoh agama Islam yung lain menghukumi batal karena mengandung kemudlorotan, diantaranya obyck yang diperjual belikan mengandung unsur gharar yang bisa merugikan salah sat u pihak yang berakad. Dari hasil penelitian dan analisis tcrhadap pandangan Tokoh Agama Islam dapat disimpulkan bahwa, jual beli tersebut t idak bcrtcntangan dengan hukum Islam, karena sudah ada kesepakatan antara kcdua bclah pihak dan ada dalil yang mendukung keabsahannya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, di harapkan adanya peran tokoh agama untuk memberi arahan kcpada masyarakat Sumbcr Arum, khususnya dalam praktek jual beli gabah kotor yang sesuai dengan syari'at yang Islam, supaya tidak ada yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafi'i, Moch. Imam--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Pandangan tokoh agama; jual beli; Gabah Kotor
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:51
Last Modified: 29 Apr 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31865

Actions (login required)

View Item View Item