Jual beli Rokok Elektrik dalam pandangan hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Achmad (2011) Jual beli Rokok Elektrik dalam pandangan hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Ubaidillah_C02207144.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31986

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field rescarch). Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana praktek jual beli rokok elektrik 2. Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap jual beli rokok elektrik. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan telaah pustaka, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pola deduktif untuk mendapatkan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwasanya praktek jual beli rokok elektrik seperti halnya jual beli yang ada pada umumnya, dan setelah mengkaji rokok elektrik temyata merupakan produk yang dilarang untuk diperjual belikan olek karena itu masih belum mendapatkan izin dari BPOM dan sampai sekarang belum bisa ditertibkan bea cukainya dan peredaranya belum bisa ditertibkan. Dari segi jual belinya rokok elektrik memenuhi rukun jual beli yaitu adanya penjual dan pembeli, adanya uang dan barang, akad, namun pada jual beli rokok elektrik tidak memenuhi obyek barang yang diperjual belikan dan berbahaya bagi tubuh maka hukum jual belinya haram liighairihi yaitu haram dari kandungan rokok. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka secara praktis diharapkan kepada konsumen untuk lebih waspada dalam membeli produk baru terutama rokok elektrik karena dapat merusak kesehatan, kemudian secara teoritis kajian tentang rokok elektrik ini untuk mendapatkan kajian yang lebih mendalam khususnya bagi mahasiswa syariah jurusan muamalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Achmad--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Rokok
Keywords: Jual beli; Rokok; Rokok Elektrik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2019 03:19
Last Modified: 15 May 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31986

Actions (login required)

View Item View Item