Pendidikan anak penghayat kepercayaan di SMA 9 dan SMP 59 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyu, Dino Nur (2019) Pendidikan anak penghayat kepercayaan di SMA 9 dan SMP 59 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dino Nur Wahyu_E92215025.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pendidikan Anak Penghayat Kepercayaan Pada Penganutnya di Lingkungan Sekolah (Studi Pada SMA 9 dan SMP 59 Surabaya). Penelitian ini bertujuan mengungkapkan kebijakan, praktek, dan evaluasi dari penidikan penghayat kepercayaan yang ada di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teori pendidikan multikultural untuk kebijakan, praktek, dan evaluasi yang dilakukan oleh kedua sekolah serta analisa domain dan taksonomi untuk mempermudah memahami data. Selain itu, peneliti juga menggunakan berbagai landasan hukum yang berkaitan dengan pengadaan pendidikan keagamaan atau keyakinan dengan tujuan mengkaji implementasi Undang-Undang yang telah dikeluarkan oleh pemerintah baik nasional maupun lokal. Temuan lapangan adalah pendidikan anak penghayat kepercayaan pada kedua sekolah tersebut, SMA 9 sudah berlangsung selama hampir 2 tahun semenjak anak tersebut masuk ke sekolah, dan SMP 59 baru berlangsung belum setahun karena baru diadakan saat anak tersebut masuk ke sekolah itu. Tiap sekolah tersebut masing-masing hanya memiliki satu orang murid penghayat dengan seorang pengajar yang sama untuk kedua sekolah tersebut. Kedua sekolah tersebut tidak memiliki kebijakan tertulis terkait dengan pengadaan kelas tersebut, akan tetapi memiliki perlakuan yang berbeda terhadap tenaga pengajar terebut. Kemudian pada prakteknya, SMA 9 melakukan kegiatan pembelajaran pada perpustakaan sekolah atau laboratorium sekolah, sedangkan pada SMP 59 berlangsung pada rumah pengajar ataupun Sanggar tempat ibadah Sapta Darma. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : (1) kedua sekolah telah memenuhi Undang-Undang dari pemerintah untuk pemenuhan hak pendidikan anak penghayat, (2) adanya perbedaan antara kedua sekolah tersebut dalam mendukung suksesnya praktek pengajaran tersebut, (3) karena Undang-Undang dan implementasi pendidikan Penghayat Kepercayaan ini masih baru, maka diperlukan evaluai agar dapat mengalami peningkatan dan perbaikan serta penyempurnaan kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyu, Dino Nuraldiyo64@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pendidikan; Anak Penghayat; Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Wahyu Dino Nur
Date Deposited: 29 May 2019 04:23
Last Modified: 29 May 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32062

Actions (login required)

View Item View Item