This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faiqoh, Nurul (2010) Efektivitas pembelajaran kontekstual model Cooperative Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (aspek akidah akhlak) dalam meningkatkan prestasi belajar pai siswa di SMA Ulul Albab Sepanjang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nurul Faiqoh_D01304133.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu banyaknya sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di sekolah-sekolah masih bersifat verbalistik dan mengedepankan hafalan, sehingga prestasi belajar siswa cenderung standar, tidak ada peningkatan karena siswa tidak terlalu memahami materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan. Salah satu alternatif yang ditempuh untuk meningkatkan prestasi belajar PAI siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual model cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Aspek Akidah Akhlak). Pembelajaran kontekstual model cooperative learning adalah suatu pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam aspek akidah akhlak, melalui kegiatan kelompok. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual model cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Aspek Akidah Akhlak) di SMA Ulul Albab Sepanjang. 2. Untuk mengetahui sejauh mana prestasi belajar PAI siswa di SMA Ulul Albab Sepanjang. 3. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran kontekstual model cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Aspek Akidah Akhlak) dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa di SMA Ulul Albab Sepanjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Untuk mendapatkan data penelitian diutamakan metode observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan uji "t". Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran kontekstual model cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (aspek akidah alchlak) di SMA Ulul Albab adalah bail; 2) Prestasi belajar PAI siswa di SMA Ulul Albab berada pada tingkatan baik; 3) Ada keefektifan yang positif dan signifikan antara pembelajaran kontekstual model cooperative learning dengan prestasi belajar PAI siswa. Hal ini terbukti dari basil uji "t" bahwa ada perbedaan nilai post-test yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Akidah Akhlak | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2019 04:04 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2019 04:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32146 |
Actions (login required)
View Item |