Tinjauan Khiyar Syarat terhadap Ketentuan Syarat-Syarat dalam Akad Unit Link Asuransi Syariah di PT Panin Life TBK Cabang Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Achmad (2010) Tinjauan Khiyar Syarat terhadap Ketentuan Syarat-Syarat dalam Akad Unit Link Asuransi Syariah di PT Panin Life TBK Cabang Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fathoni_C02206141.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32175

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul "Tinjauan Khiyar Syarat Terhadap Ketentuan Syarat-Syarat dalam akad Unit Link Asuransi Syari'ah di P.T. Panin Life Tbk. Cabang Syariah". Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana ketentuan syarat­ syarat dalam akad unit link asuransi syari'ah di PT Panin Life Tbk dan bagaimana tinjuan .khiyar syarat terhadap ketentuan syarat-syarat dalam akad unit link asuransi syariah di PT. Panin Life Tbk. Cabang Syariah. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah deskriptif analisis yakni menggambarkan kemudian dianalisa dan menggunakan pola pikir induktif yaitu mengoreksi data yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan umum. hasi yang ditemukan dalam skripsi adalah :pertama, istilah yang digunakan dalam polis menggunakan istilah syariah clan terdapat tiga pasal yang menjelaskan tentang dana tabarru' (pasal 1 ayat 9,11,14, pasal 21 dan pasal 22). Kedua, ketika peserta tidak dapat membayar premi asuransinya, penanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi Panin Life Tbk. melakukan pemotongan terhadap jumlah unit­ unit yang telah diinvestasikan oleh peserta unruk menutupi kewajiban pembayaran premi asuransi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa :pertama, pada dasarnya Antara polis asuransi jiwa unit link konvensional dengan polis asuransi jiwa unit link syariah memiliki persamaan, tetapi terdapat perbedaan dalam peristilahan menurut syariah di dalam pasal-pasalnya dan penjelasan tentang pengelolaan dana tabarru' yang tidak terdapat dalam polis asuransi jiwa unit link konvensional. Kedua, ditinjau dari khiyar syarat akad asuransi jiwa unit link menjadi batal karena asuransi unit link termasuk asuransi bisnis dan tergolong perjanjian kompensasi finansial spekulatif yang mengandung unsur gharar baik secara sighat akad maupun dalam objek akadnya dan pemotongan terhadap unit-unit dana yang diinvestasikan tanpa ada rincian pemberian tempo waktu yang jelas untuk membayar ketika nasabah tidak mampu unruk membayar tidak sesuai dengan firman Allah SWT surat al-Baqarah ayat 280. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka hendaknya P.T. Panin Life juga dapat menerapkan konsep muamalah yang sebenarnya di dalam operasional asuransi syariah. Sehingga nilai-nilai operasional asuransi tersebut sesuai dengan dasar operasional asuransi, yaitu al-Qur'an dan al-Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Jiwa
Keywords: Akad Link Asuransi Syariah; Asuransi Syariah; PT.Panin Life TBK
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:11
Last Modified: 14 Jun 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32175

Actions (login required)

View Item View Item