This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmawati, Ulva Badi (2014) KURIKULUM KEMASYARAKATAN : STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-URWATUL WUTSQO BULUREJO DIWEK JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap kurikulum kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Pada penelitian ini dirumuskan tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana mekanisme pengembangan kurikulum kemasyarakatan, bagaimana implementasi kurikulum kemasyarakatan, Apa hambatan dan peluang kurikulum kemasyarakatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab dari rumusan masalah yang sudah ditentukan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitati dengan pendekatan studi kasus. Taknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa adalah dengan triangulasi.
Kurikulum kemasyarakatan yang dilakukan STIT-UW berupa pengembangan terhadap mata kuliah, yaitu mata kuliah Sistem Pembelajaran Qur-any, Sistem Pembelajaran Tafsir Amaly dan Sistem Pembelajaran Terpadu. Sistem pembelajaran Qur-any berisi tentang cara-cara belajar al-Qur’an mulai dari baca, tulis, terjemah, analisa nahwu, sharaf, dsb. Sistem Pembelajaran Tafsir Amaly berisi tentang tafsir ayat-ayat al Qur’an yang menjelaskan tentang cara-cara mengamalkan al Qur’an. Rangkaian kegiatan dalam pembelajaran ini adalah hafal ayat, terjemah perkata, analisa nahwu, sharaf, sampai kepada penjelasan cara amal. Sedangkan untuk Sistem Pembelajaran Terpadu yaitu mengintegrasikan pelajaran IPTEKS dan IMTAK.
Untuk kompetensi yang dimiliki mahasiswa adalah mahasiswa dapat mengajarkannya kepada yang lain dengan menggunakan metode tersebut. Sebab dalam pembelajaran ini mahasiswa lebih ditekankan untuk mempelajari cara mengajarnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Evi Fatimatur Rusdydiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Kurikulum; Masyarakat; Mekanisme Pengembangan; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2016 06:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2016 06:00 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |