Analisis hukum Islam terhadap bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Uswatun (2011) Analisis hukum Islam terhadap bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Chasanah_C02206054.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32191

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil pada bagaimana analisis hukum Islam terhadap bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil. Data penelitian diperoleh melalui BPRS Daya Artha Mentari Bangil yang menjadi objek penelitian. Setelah data tersebut diklasifikasikan, selanjutnya dianalisis berdasarkan metode kualitatif, sebingga pendekatannya adalah analisis pendekatan deskriptif kualitatif dengan pola deduktif, yakni data yang diperoleh, digambarkan dan diuraikan sebingga menunjukkan suatu proses berfikir yang selalu mencari bubungan-hubungan dari sesuatu yang diamati dengan diiringi uraian-uraian mengenai bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari, sebingga dapat ditarik pada bal-hal khusus. Bagi hasil pada pembiayaan mudarabah didasarkan pada proyeksi pendapatan yang dilakukan oleb pihak BPRS. Pembayaran nisbah bagi hasil ditetapkan bank didasarkan pada analisis yang dibuat oleh (Account Officer). Dalam analisisnya, AO menghitung berapa dana yang disalurkan dan dari dana tersebut ditetapkan berapa keunt ungan yang diharapkan bank berdasarkan proyeksi pendapatan yang dibarapkan. Berdasar perhit ungan rencana atau proyeksi pendapatan tersebut, bank dan nasabah melakukan kesepakatan tentang nisbah masing-masing pihak. Kemudian ditetapkan berapa prosentase nisbah yang barus dibayarkan oleb nasabah tiap bulannya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil adalab didasarkan pada proyeksi pendapatan yang dilakukan bank. Analisa bukum Islam terhadap bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil, proyeksi bagi hasil usaha yang ditetapkan oleb pihak BPRS kepada nasabah sebagai pihak mudarib kurang sesuai dengan bukum Islam dikarenakan dalam mudarabah dijelaskan babwa pembagian keuntungan diantara dua pibak tentu saja barus berdasarkan proporsi dan tidak memberi kan keunt ungan sekaligus atau yang pasti kepada $Sahih al-mal (investor). SejaJan dengan kesimpuJan di atas maka kepada pihak BPRS dalam menent ukan bagi hasil sebarusnya melihat dari hasil usaha nasabah, agar tidak merugi kan pihak nasabah. Karena keunt ungan yang diperoleh nasabah tidak tetap tiap bulannya. Bagi nasabah diharapkan lebih teliti dalam memilib pembiayaan. Yang mana pembiayaan berprinsip bagi hasil pada pembiayaan mudarabah di BPRS Daya Artha Mentari Bangil menetapkan bagi hasil yang barus dibayar oleh nasabah tiap bulannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Uswatun--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Bagi hasil; pembiayaan mudarabah; Bank Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2019 08:05
Last Modified: 17 Jun 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item View Item