Urgensi pendekatan model tukar belajar (Learning Exchange) dalam membentuk kemandirian belajar siswa didik di Sanggar Belajar Alternatif Purwosari Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa', Moh. Ali (2010) Urgensi pendekatan model tukar belajar (Learning Exchange) dalam membentuk kemandirian belajar siswa didik di Sanggar Belajar Alternatif Purwosari Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ali Musyafa'_D01303197.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Urgensi Pendelcatan Model Tukar Belajar (Learning Exchange) dalam Membentuk Kemandirian Berlajar Siswa Didik di Sanggar Belajar Alternatif Purwosari Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro" ini, mengupas tiga hal, yaitu: (1) Bagaimana implementasi model tukar belajar (learning exchange) di Sanggar Belajar Alternatif "Purwosari" Kee. Purwosari Kab. Bojonegoro (2) Bagaimana karakteristik kemandirian belajar siswa didik di Sanggar Belajar Alternatif "Purwosari" Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro (3) Bagaimana urgensi pendekatan model tukar belajar (learning exchange) dalam membentuk kemandirian belajar siswa didik di Sanggar Belajar Alternatif "Purwosari" Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro. Kemudian, untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode induktif yang mana teknik ini dipergunakan untuk menganalisa data kualitatif yang tidak direalisasikan dalam bentuk angka, selain itu menggunakan teknik analisis data kualitatif yang direalisasilcan dalam bentuk angka, dalam hal ini penulis menggunkan prosentase untuk mengetahui urgensi pendekatan model tukar belajar (learning exchange) dalam membentuk kemandirian belajar siswa didik di Sanggar Belajar Alternatif "Purwosari" Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro. Dan setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, model tukar belajar mempunyai peranan yang penting (urgen) dalam membentuk kemandirian belajar siswa didik sanggar belajar alternatif Punvosari Bojonogoro, hal tersebut telah dibuktikan lewat angket, yang mana sebagian besar responden menyatakan bahwa kemandirian belajar mereka lebih terbentuk setelah mereka melakukan kegiatan pembelajaran melalui tukar belajar,sebanyak 62,67% responden menyatakan bahwa siswa didik dapat menumbuhkan kemandirian belajar mereka setelah diimplementasikan model tukar belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa', Moh. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Tukar Belajar; Learning Exchange
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:55
Last Modified: 20 Jun 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item