Pengaruh penggunaan Facebook terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN Model Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alim, Zainal (2010) Pengaruh penggunaan Facebook terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN Model Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainal Alim_D31304036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan facebook yang fenomenal ternyata sanggup menjungkalkan situs sejenis yang lebih popular. Myspace hanya berkembang di amerika serikat saja. Di luar itu mereka dibuat bertekuk lutut baik dalam hal jumlah pengguna maupun traffic situs. Friendster dibuat tak berdaya dan seakan mati suri. Nasib yahoo 360 drajat lebih tragis lagi. Saat ini zaman teknologi informasi dan sangat mobile, Facebook tidak hanya dapat dibuka di laptop atau PC, tapi juga di Blackberry (BB) dan telepon seluler(HP). Kondisi ini dapat membuat sebagian siswa sibuk sendiri dengan Blackberry atau handphone-nya di ruang belajar untuk update status atau memberi komentar/menulis wall dihalaman Facebook temannya. Tidak jarang kita temui di tempat umum, seusia anak sekolah sibuk dengan Blackberry-nya walaupun saat itu dia sedang berjalan dengan teman-temannya. Dan fenomena diatas penulis merasa perlu meneliti skripsi tentang fenomena yang luar biasa ini dengan mengangkat judul pengaruh penggunaan facebook terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN Model Bangkalan. Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Model korelasional, yaitu sebuah penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada dan tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Apabila hubungan itu ada, seberapa erat hubungan serta berarti atau tidaknya hubungan itu. Dan hasil analisis data yang telah diperoleh di lapangan penulis mendapatkan hasil Dari tabel nilai "r" product moment dengan n = 40, diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% adalah 0,304, sedangkan pada taraf signifikan 1% adalah 0,393. Dan hasil konsultasi tersebut diketahui bahwasanya rXY = -0,356 lebih besar daripada nilai tabel "r" product moment pada taraf signifikan 5% = 0,304 maka pada taraf signifikann 5% hipotesis nol ditolak, sedangkan hipotesis alternatif disetujui/diterima. Berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% itu memang terdapat korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. selanjutnya, karena pada taraf signifikansi 1% rxy 0,356 lebih kecil dari pada r tabel 0,561 maka pada taraf signifikansi 1% itu hipotesis nihil disetujui / diterima, sedangkan hipotesis alternatif ditolak. Ini berarti bahwa untuk taraf signifikansi 1% itu tidak terdapat korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Kesimpulan yang dapat kita tank ialah tinggi rendahnya nilai variabel Y ada hubungannya atau dipengaruhi oleh tinggi rendahnya nilai variabel X sekalipun korelasi negatif itu hanya rendah. Selain itu dari hasil analisis data telah diketahui bahwa pengaruh penggunaan facebook di MAN Model Bangkalan mempunyai pengaruh negatif yang rendah atau lemah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dari hasil penghitungan product moment hasil yang di peroleh adalah -0,356 pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0,20 — 0,40 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh negatif yang lemah atau rendah dikarenakan hasilnya negatif(-).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alim, ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Facebook
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:53
Last Modified: 01 Jul 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32362

Actions (login required)

View Item View Item