Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas III MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo mata pelajaran Fikih materi Puasa dengan Metode Jigsaw

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nur (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas III MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo mata pelajaran Fikih materi Puasa dengan Metode Jigsaw. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah_D06207029.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32459

Abstract

Salah satu cara untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut sudah tercapai atau belum adalah dengan melihat basil belajar atau prestasi belajar siswa yang telah dicapai setelah mengikuti proses belajar mengajar di kelas kegagalan dalam belajar rata-rata di badapi oleb sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar karena mereka merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang klasikal (ceramah) yang banya mengutamakan hafalan pada materi untuk itu di butuhkan suatu kegiatan pembelajaran aktif dikelas yang dilakukan oleh guru dan murit guna menciptakan proses pembelajaran aktif sebagai upaya membangkitkan motivasi belajar, misalnya dengan melakukan kegiatan belajar mengajar aktif yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing dalam kegiatan belajar mengajar dikelas pada mata peajaran fikih dengan metode jigsaw. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a)Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran fikih materi puasa dengan metode jigsaw? (b)Bagaimana langkah-langkah penerapan metode jigsaw dalam peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran fikih materi puasa? Tujuan penelitian ini adalah: (a) mengetahui prestasi belajar siswa sebelum di terapkan metode jigsaw. (b) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah di terapkan metode jigsaw, (c) mengetahui pengaruh metode jigsaw pada peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis PTK sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, kegiatan pengamata, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalan siswa kelas III Mi Darul Ulum Tambakrejo data diperoleb berupa basil tes fonnatif.lembar observasi kegiatan belajar mengajar Pada pengumpulan data dilakukan setiap siklus dimulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu: observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan catatan lapangan. Simpulan dari penelitian ini adalah metode jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai basil ulangan barian pra siklus (69,59), siklus I (74,07), dan siklus II (84,74), sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam mata pelajatan fikib meteri puasa pada pra siklus (59,26%), siklus I (77,78 %) dan silklus II (100 %).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Fikih; Metode Jigsaw; Prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2019 08:21
Last Modified: 05 Jul 2019 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32459

Actions (login required)

View Item View Item