Pengaruh PDRB, Suku Bunga Kredit Dan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Terhadap Jumlah Permintaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Siap Huni Di Jawa Timur Tahun 2010-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailia, Amanda Fatmil (2019) Pengaruh PDRB, Suku Bunga Kredit Dan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Terhadap Jumlah Permintaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Siap Huni Di Jawa Timur Tahun 2010-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amanda Fatmil Lailia__G91214021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh PDRB, Suku Bunga Kredit dan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Terhadap Jumlah Permintaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Siap Huni Di Jawa Timur Tahun 2010-2017” ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan, serta menganalisa besar pengaruh PDRB, Suku Bunga Kredit dan IHPR dalam menentukan jumlah permintaan KPR di Jawa Timur.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel, antara lain variable bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah PDRB, Suku Bunga Kredit dan IHPR. Sedangkan variabel terikatnya adalah permintaan jumlah KPR di JawaTimur. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari lembaga pemerintahan, yaitu Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik.Hasil dari penelitian ini menunjukkan PDRB secara signifikan tidak berpengaruh terhadap permintaan jumlah KPR (probabilitas 0.0663 pada derajat keyakinan 5%). Tingkat suku bunga kredit secara sifgnifikan berpengaruh dan positif terhadap permintaan jumlah KPR (probabilitas 0.0253 pada derajat keyakinan 5%), dan IHPR secara signifikan tidak berpengaruh (probabilitas 0.1309 pada derajat keyakinan 5%).Dari perkembangan perekonomian saat ini, harga rumah yang ditawarkan semakin tinggi dikarenakan harga properti dan kebutuhan lainnya juga semakin meningkat. Jalan alternatif yang ditempuh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya adalah dengan adanya penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh pihak perbankan. KPR menyediakan suku bunga kredit yang mengacu pada harga rumah dan pendapatan masyarakat.Setelah mengkaji hasi penelitian ini, peneliti menyarankan perlunya perbankan untuk memperluas penyaluran kredit serta kestabilan dalam penentuan tingkat suku bunga. Serta diharapkan dapat menjaga kenaikan PDRB agar meningkatkan produktifitas masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailia, Amanda Fatmilabidahamanda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: PDRB; Suku Bunga Kredit; IHPR; Jumlah Permintaan KPR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Amanda Fatmil Lailia
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:48
Last Modified: 11 Jul 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32513

Actions (login required)

View Item View Item