Peran kegiatan Ekstrakurikuler seksi Kerohanian lslam dalam pembinaan mental Siswa SMA Negeri 14 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmiyati, M. (2010) Peran kegiatan Ekstrakurikuler seksi Kerohanian lslam dalam pembinaan mental Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rochmiyati_D01206134.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32664

Abstract

Banyakanya kenakalan pelajar (siswa) tampak jelas bahwa pada mereka yang sedang tumbuh jiwanya. Terutama mereka yang hidup dikota­kota besar yang mencoba mengembangkan diri kearah kehidupan yang lebih maju dan modem sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pendidik termasuk: orang tua mempunyai tanggung jawab yang bersama dalam membentuk karakter serta tingkah laku yang baik bagi siswa terutama dalam hal mengatasi kenakalannya dilingkungan sekolah. Mental merupakan faktor penting dalam menentukan akhlak yang baik bagi manusia untuk berakhak mulia. Oleh karena itu dalam menanamkan nilai­ nilai moral pada anak didik (siswa), maka disekolah tersebut dibentuklah Kegiatan Ekstrakurikuler "Seksi Kerohanian Islam", yaitu suatu kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran tatap muka yang bertujuan untuk menunjang serta menduk:ung program ekstrakulikuler Pendidikan Agama Islam yang bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, pengamatan dan pengamalan ajaran Agama Islam, sehingga merijadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta bermental mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas penulis memakai pendekatan kualitatif deskriptif yakni penelitian yang memaparkan atau menggambarkan data yang diperoleh oleh peneliti yang berkaitan dengan objek penelitian dengan melakukan studi kepustakaan dan pendekatan studi lapangan dengan mengadakan penelitian langsung di SMA Negeri 14 Surabaya sebagai obyek penelitian.Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode interview, clan metode angket, yang mana data yang sudah dikwnpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analiis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari obyek penelitian, dapat diketahui , bahwa dalam pembinaan mental siswa SMA Negeri 14 Surabaya" dapat dilakukan dengan berbagai macam Kegiatan Ekstrakurikuler "Seksi Kerohanian Islam" agar terbina mental yang baik, terbukti dari basil penelian menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai kesadaran untuk berakhlak mulia terhadap Allah SWT, orang tua, tetangga, guru, sesama teman dan terhadap lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmiyati, M.--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Ekstrakurlkuler; Kerohanian lslam; pembinaan mental Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:20
Last Modified: 22 Jul 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item