Analisis hukum Islam terhadap praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Cabang Pembantu Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Dwi Nur (2019) Analisis hukum Islam terhadap praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Cabang Pembantu Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nur Aisyah_C92215096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Pembiayaan Di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana Praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan? 2. Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan? Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan. Data penelitian dihimpun melalui wawancara, selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, yaitu pola pikir yang berpijak pada teori Hukum Islam yang kemudian dikaitkan dengan fakta-fakta dalam praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, yang pertama praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan dalam hal objek akad tidak ada. Selain itu pihak Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri dalam pengaplikasian akad tidak sesuai dengan akad yang seharusnya dipakai oleh pihak Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan. Kedua menurut Hukum Islam penulis menyimpulkan bahwa praktik pembiayaan tidak sah karena tidak terpenuhi syarat dan rukun yaitu objek tidak sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Baitul Mal Wa At Tamwil. Dan jika dianalisis menggunakan Fatwa D\SN MUI No 27 Tahun 2002, penulis menyimpulkan bahwa Fatwa tersebut tidak tepat digunakan sebagai acuan Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan dalam praktik pembiayaan bay‘ bithasaman ajil. Adapun saran bagi pihak Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan yaitu diharapkan dapat mengaplikasikan akad sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan dalam praktik pembiayaan di Baitul Mal Wa At Tamwil Unit Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Dwi Nur9b16.dwinuraisah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Muamalat Muamalah
Keywords: Pembiayaan; bay bithaman ajil; baitul mal wa at tamwil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aisyah Dwi Nur
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:45
Last Modified: 23 Jul 2019 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32681

Actions (login required)

View Item View Item