Rekonstruksi pemaknaan hadis Jihad: perspektif Hermeneutika Jorge J.E Gracia dalam hadis Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2504

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Mohamad Nur (2019) Rekonstruksi pemaknaan hadis Jihad: perspektif Hermeneutika Jorge J.E Gracia dalam hadis Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2504. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Nur Wahyudi_E95215053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kegelisahan penulis atas apa yang selama ini menjadi salah satu doktrin umat Islam, yang kini banyak di salah pahahami oleh berbagai kalangan yang meliputi kalangan barat, tentunya ini dapat membuat citra Islam menjadi jelek di mata dunia, dikarenakan doktrin tersebut merupakan salah satu dari ajaran Agama Islam. Hal ini tentu jauh dari esensi atau subtansi dari ajaran Islam sendiri, dimana Islam tidak selamanya di sebarkan dengan kekerasan berupa bom bunuh diri dan perang dengan pedang, secara garis besar Islam di sebarkan oleh Nabi dengan tidak memaksa bagi non-Muslim untuk memeluk Agama Islam, dikarenakan misi ke-Islaman tidak lain adalah Rahmatan lil Alamin.. Adapun fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah seputar Bagaimana kualitas hadis jihad dalam kitab Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2504, Bagaimana teori pemaknaan hermeneutika Jorge J.E Gracia terhadap hadis jihad dalam kitab Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2504, dan Bagaimana kontekstualisasi hadis jihad berdasarkan hermeneutika Jorge J.E Gracia dalam kitab Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2504. Dalam menjawab seputar permasalahan diatas, penulis menggunakan metode kualitatif. Sedangkan permasalahan yang hendak dibahas adalah menyelidiki reduksionisme doktrin Islam yaitu pemaknaan tentang jihad. Adapun pendekatan yang digunakan adalah metode Tahlili dan metode hermeneutika dari tokoh Jorge J.E Gracia, mengenai pengumpulan data dilakukan dengan melacak hadis kutub al-Tis’ah , kitab tafsir, disertasi, tesis, skripsi, dan buku-buku lain yang berkaitan dengan jihad.Dari hasil penelitian ini sendiri diperoleh kesimpulan bahwa Hadis Sunan Abu Dawud dengan nomor indeks 2504 berkualitas Sahih Li Dhatihi dikarenakan hadis ini memuat syarat-syarat dari hadis Sahih. Disisi lain dari hasil penelitian ini berdasarkan pendekatan hermeneutika dapat di ketahui bahwa jihad tidak semerta-merta berkonotasi perang dengan pedang, tapi jihad bisa juga dilakukan dengan harta, jiwa dan lisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Mohamad Nurwahyudimuhamadnur@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jihad
Keywords: Rekonstruksi Pemaknaan Hadis Jihad
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Wahyudi Mohamad Nur
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:48
Last Modified: 25 Jul 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item View Item