Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Dicky Dwi (2019) Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dicky Dwi Saputra_D74213055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hubungan TPACK dengan TISE guru matematika di sekolah dengan guru matematika di sekolah berbasi pesantren mungkin berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) guru matematika di Sekolah umum, (2) Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) guru matematika di Sekolah berbasis pesantren, (3) Perbedaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) antara guru matematika di Sekolah umum dan Sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru matematika SMP dan guru matematika MTs berbasis pesantren di Lamongan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan untuk ukuran sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 83 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Spearman Rank dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) guru matematika SMP di Lamongan dengan nilai r_s= 0,753; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) guru matematika MTs berbasis pesantren di Lamongan dengan nilai r_s= 0,829; (3) a. tidak terdapat perbedaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) antara guru matematika SMP dan guru matematika MTs berbasis pesantren dengan nilai Z > Ztabel (3,1 > 2,58), b. tidak ada perbedaan antara Technology Integration Self Efficacy (TISE) guru matematika SMP dengan guru matematika MTs berbasis pesantren dengan nilai Z > Ztabel (4,9 > 2,58).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Dicky Dwidickygooners10@gmail.comD74213055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Matematika
Keywords: Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK); Technology Integration Self Efficacy (TISE); Guru Matematika SMP; Guru Matematika MTs berbasis Pesantren; Spearman Rank; Mann Whitney
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Saputra Dicky Dwi
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:26
Last Modified: 29 Jul 2019 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32824

Actions (login required)

View Item View Item