Peralihan kebudayaan Hindu ke Islam di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Musbatul (2019) Peralihan kebudayaan Hindu ke Islam di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musbatul Mardiyah_A92215050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Peralihan Kebudyaan Hindu Ke Islam Di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimana Kondisi Umat Hindu dan Islam di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Bagaimana aktivitas kebudayaan umat Hindu dan Islam di Desa Bajulan Kecamatan Loceret. Bagaimana kesinambungan antara kebudayaan Hindu dan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah kebudayaan yang menggunakan pendekatan antropologi kognitif, untuk mengkaji hubungan antara kebudayaan dan pikiran umat Hindu dan Islam di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Kearifan Lokal yang menjelaskan tentang kebudayaan yang tumbuh di daerah Bajulan ini. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan sejarah ini adalah: Menentukan informan, wawancara, observasi, membuat catatan etnografis dan mengajukan pertanyaan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada 6.264 jiwa penduduk di desa Bajulan. 5.856 jiwa menganut agama Islam dan 368 jiwa menganut agama Hindu. (2) Banyak aktivitas kebudayaan yang dilakukan bersama-sama antara umat Hindu dan Islam sehingga menyebabkan adanya kerukunan antara umat beragama, contohnya dalam hal upacara kehidupan sehari-hari. (3) Adanya persamaan dalam aktivitas upacara kehidupan dan komunal mengakibatan adanya kelanjutan cerita/budaya dalam sejarah. Adanya perbedaan dalam aktivitas kebudayaan dalam upacara peribadatan menyebabkan kebudayan itu beralih (terputus) dari Hindu ke Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, Musbatulmusbatul.mardiyah123@gmail.comA92215050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, MasyhudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Agama > Hindu
Budaya - Agama
Kebudayaan
Toleransi
Keywords: Peralihan Kebudayaan Hindu-Islam; Kerukunan dan Toleransi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mardiyah Musbatul
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:27
Last Modified: 31 Jul 2019 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item View Item