Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Tentang Tanggung Jawab Ahli Waris Di Bawah Umur Atas Pelunasan Pembiayaan Akad Musharakah Orang Tuanya Pada Bank Sumut Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Putri Gita (2019) Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Tentang Tanggung Jawab Ahli Waris Di Bawah Umur Atas Pelunasan Pembiayaan Akad Musharakah Orang Tuanya Pada Bank Sumut Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Gita Cahyani_C92215126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Tentang Tanggung Jawab Ahli Waris Di Bawah Umur Atas Pelunasan Pembiayaan Akad Musha>rakah Orang Tuanya Pada Bank Sumut Syariah". Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai bagaimana kasus posisi tentang perkara nomor Nomor 124/Pdt.G/2013 /PTA.Mdn. dan Bagaimana tinjauan hukum ekonomi islam terhadap tanggung jawab ahli waris di bawah umur atas pelunasan pembiayaan akad musha>rakah orang tuanya pada Bank Sumut Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Data penelitian ini menggunakan Sumber sekunder, yang didapat melalui web dokumen putusan Mahkamah Agung, undang-undang, dan beberapa buku. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif analisis untuk menggambarkan secara jelas dan faktual tentang permasalahan yang dikaji. Lalu berfikir dengan pola deduktif. Dalam penelitian dapat disimpulkan pertama, terkait kebolehan melanjutkan akad musha>rakah yang telah dilakukan oleh orang yang telah meninggal dunia. Dan yang kedua, aqad menjadi mauquf ketika anak kecil yang masih belum cakap hukum dibebani tanggungjawab atas pelunasan atau penerusan akad musha>rakah yang telah dilakukan oleh orang tuanya. Sejalan dengan buah pemikiran diatas, maka penulis mempunyai saran yang perlu di cantumkan yakni sebaiknya dalam bertindak hukum, anak di bawah umur tidak perlu dicantumkan. Ini dikarenakan tindakan hukum pasti juga mengakibatkan suatu akibat hukum yang harus dipikul oleh anak di bawah umur tersebut. Untuk itu sebaiknya Majlis Hakim memberi putusan untuk menolak gugatan dari dan atau untuk anak yang belum cakap hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Putri Gitagitacahayani12327@gmail.comC92115126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh Fathonifathoni@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ahli Waris
Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Ahli waris; musharakah; cakap hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cahyani Putri Gita
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:05
Last Modified: 30 Jul 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

View Item View Item