Peran KH. Ahyat Halimy dalam perjuangan Laskar Hizbullah Mojokerto (1945-1949)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Umi Choirun (2019) Peran KH. Ahyat Halimy dalam perjuangan Laskar Hizbullah Mojokerto (1945-1949). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Choirun Nisa_A02215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERAN KH. AHYAT HALIMY DALAMPERJUANGAN LASKAR HIZBULLAH MOJOKERTO (1945-1949”). Adapun penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana riwayat hidup KH. Ahyat Halimy? (2) Bagaimana latar belakang berdirinya Hizbullah di Mojokerto? (3) Bagaimana peran KH. Ahyat Halimy dan Pejuangan Lakar Hizbullah Mojokerto? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori politik dan teori peran Levinson. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif naratif. Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) KH. Ahyat Halimy lahir di Mojokerto tahun 1918, menjadi santri di pondok Tebuireng dan aktif dalam berbagai organisasi seperti Ansor, juga aktif di dunia kemiliteran, dan mempunyai pondok pesantren. (2) Resolusi Jihad jatuh pada tahun 1945, dan Mojokerto membentuk Laskar Hizbullah. (3) KH. Ahyat Halimy membentuk Hizbullah Mojokerto, juga memimpin barisan pertahanan di Mojokerto, KH. Ahyat Halimy juga berperan aktif pada perang Revolusi, perang yang untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia, akhir hayat beliau, beliau diberikan gelar kepahlawanan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Umi Choirunuminisa41@gmail.comA02215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMedan, Abdul Azizabdulazizmedan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Indonesia
Keywords: KH. Ahyat Halimy; Perjuangan; Resolusi Jihad; Laskar Hizbullah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nisa Umi Choirun
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:45
Last Modified: 31 Jul 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32886

Actions (login required)

View Item View Item