Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran fikih di MTSN 3 Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'asholi, Maya Eka Armita (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran fikih di MTSN 3 Banyuwangi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maya Eka Armita Mu'asholi_F02317085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Fikih, dan (2) mendeskripsikan bahan ajar multimedia interaktif pada mata pelajaran fikih. Penelitian dan pengembangan ini, mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall (1983) yang terdapat 10 tahapan. Menurut pendapat Borg & Gall menyarankan dalam penelitian tesis dan disertasi, penelitian dibatasi dalam skala kecil. Oleh karena itu, peneltian ini dilakukan penyederhanaan dan pembatasan menjadi empat tahapan yaitu (1) tahap pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, dan (4) tahap validasi dan uji coba. Pengelitian ini menghasilkan bahan ajar interaktif dalam bentuk digital yang dikemas menggunakan Compack Disk (CD) dan dapat diakses melalui link karena bahan ajar tersebut telah di upload pada google drive. Bahan ajar ini di uji cobakan melalui beberapa tahapan, yakni (1) uji coba ahli materi, (2) uji coba ahli media, (3) uji coba perorangan, (4) uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan kepada guru Fikih dan siswa kelas VIII di MTsN 3 Banyuwangi. Hasil uji coba bahan ajar oleh ahli materi sebesar 69,3% dengan kualifikasi cukup valid. Hasil uji coba bahan ajar oleh ahli media sebesar 85,3% berada pada kualifikasi valid. Hasil uji coba perorangan sebesar 77,3% dengan kualifikasi valid. Hasil uji coba kelompok kecil didapatkan nilai sebesar 78,4 dan berada pada kualifikiasi valid. Dan hasil uji coba lapangan pada guru mata pelajaran fikih didapatkan nilai sebesar 97,3% dan berada pada kualifikasi valid. Sedangkan uji coba pada siswa kelas VIII didapatkan nilai sebesar 85,01% dengan kualifikasi valid. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini termasuk dalam kualifikasi valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Fikih. Sedangkan hasil belajar siswa diuku melalui pre-test dan post-test, terdapat peningkatan nilai rata-rata mencapai 9,74%. Demikian ketercapaian kriteria ketuntasan belajar siswa sebanyak 94,7%. Hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan statistik uji t diperoleh nilai harga t hitung lebih besar dari pada t tabel 10,37>2,023 dengan tara signifikan 95%. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa pengujian hipotesis diperoleh hasil H1 diterima. Dan disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai akhir dan nilai awal dalam pembelajaran dengan menggunakan produk bahan ajar interaktif dan penggunaannya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'asholi, Maya Eka Armitamayaeka428@gmail.comF02317085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDFatimatur Rusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Multimedia interaktif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mu'asholi Maya Eka Armita
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:36
Last Modified: 02 Aug 2019 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32919

Actions (login required)

View Item View Item