Perilaku keberagamaan anak-anak eks Wanita Tunasusila di Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminah, Qutsiyatul (2019) Perilaku keberagamaan anak-anak eks Wanita Tunasusila di Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qutsiyatul Aminah_D91215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasca penutupan gang Dolly, Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah (JEHA) memiliki peran besar terhadap anak–anak di lingkungan lokalisasi. Anak–anak dari eks wanita tunasusila dirangkul dan dibina untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Mengajak mereka untuk menemukan kehidupan yang lebih baik. Mengenal akan nilai–nilai agama, mengajak untuk dekat dan mengenal Tuhan, membantu dan menuntun mereka ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini peneliti akan melakukan penelitian terhadap anak–anak eks wanita tunasusila dalam menerima dan memahami ilmu agama Islam. Kajian penelitian ini akan membahas tentang pemahaman keagamaan anak-anak eks wanita tunasusila, mendeskripsikan perilaku keagamaan anak–anak eks wanita tunasusila serta mengetahui peran orang tua dalam pembentukan perilaku keagamaan anak–anak Eks Wanita Tunasusila Di Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah Surabaya. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, Penggunaan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, observasi. Metode keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan metode analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa anak-anak eks wanita tunasusila paham tentang agama Islam yakni percaya pada Allah yang telah mengatur segala kehidupan di dunia. Aturan yang ditetapkan tidak akan merugikan siapapun, dari lima anak eks wanita tunasusila dua antara lain QS dan AC memiliki perilaku keberagamaan yang baik dari aspek shalat, kedisiplinan, sedekah, dan membaca Al-Qur’an. Sedangkan tiga antara lain FS, FR, dan TR tidak baik dikarenakan kurang kasih sayang orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminah, Qutsiyatulqutsiyah.muslimah@gmail.comD91215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Perilaku
Keywords: Perilaku, keberagamaan; anak Eks Wanita Tunasusila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aminah Qutsiyatul
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:31
Last Modified: 02 Aug 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32944

Actions (login required)

View Item View Item