PERBEDAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENYESUAIN DIRI SISWA KELAS II DI SMK DR. SOETOMO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyatno, Agus (2009) PERBEDAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENYESUAIN DIRI SISWA KELAS II DI SMK DR. SOETOMO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok, 2) Untuk mengetahui penyesuaian diri siswa kelas II di SMK Dr Soetomo Surabaya dan 3) Untuk mengetahui perbedaan keefektifan layanan bimbingan dan konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas II di SMK Dr Soetomo Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SMK Dr Soetomo Surabaya yang terdiri 275 siswa dengan sampel 80 siswa kelas II SMK Dr Soetomo Surabaya. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket tertulis kepada responden tentang perbedaan keefektifan layanan bimbingan kelompok, dan penyesuaian diri siswa kelas II, hasil nilai penyesuaian diri siswa semester I dan II di SMK Dr Soetomo Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis Uji-t atau t-test.
Deskriptif data menunjukkan bahwa 1) layanan bimbingan kelompok kelas II di SMK Dr. Soetomo Surabaya, dalam prosesnya pelaksanaannya tergolong baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase adalah 76%-100. 2) Penyesuaian diri siswa kelas II di SMK Dr. Soetomo Surabaya mengalami perubahan penyesuaian diri yang baik. Berdasarkan dari hasil perhitungan angket yang sudah dimasukkan kedalam rumus persentase pada peritem pertanyaan tentang penyesuaian diri siswa yaitu berada antara 76%-100% dengan kriteria tergolong baik. 3) hasil t hitung sebesar 2,5 dan pada hasil tes signifikasi dalam tabel kritik t di dapat harga kritik 1,980 untuk taraf signifikansi 95% dan 2,617 untuk taraf signifikansi 99% Dengan mengkonsultasikan pada harga kritik, ternyata t hasil penghitungan jauh lebih besar dari pada harga kritiknya, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Intensitas layanan bimbingan kelompok dalam prosesnya pelaksanaannya tergolong baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase adalah 76%-100. 2) sedangkan penyesuaian diri siswa kelas II dalam prosesnya pelaksanaannya tergolong baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase adalah 76%-100, dan 3) Ada perbedaan efektifitas antara melaksanakan layanan Bimbingan kelompok dan tidak melaksanakan layanan Bimbingan kelompok dalam perubahan penyesuaian diri siswa kelas II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Mukhlishah AM
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyatno, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Penyesuain Diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 09 Feb 2015 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item