Profil regulasi kognisi siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari kemampuan Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchtar, Rachmat Ali (2019) Profil regulasi kognisi siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari kemampuan Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmat Ali Muchtar_D04214015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Regulasi kognisi adalah kesadaran seseorang terhadap proses berpikirnya dalam mengembangkan perencanaan, memantau, dan evaluasi ketika siswa memecahkan masalah. Tahap-tahap dalam memecahkan masalah yang dikemukakan oleh Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan regulasi kognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah SPLDV, 2) mendeskripsikan regulasi kognisi siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah SPLDV, dan 3) mendeskripsikan regulasi kognisi siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah SPLDV.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang diambil dari siswa kelas VIII-3 SMPN 5 Sidoarjo pada semester Genap tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika. Pengumpulan data dengan tugas tertulis dan wawancara berbasis tugas. Data tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator regulasi kognisi.
Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi seluruh aktivitas regulasi kognisi pada semua tahap pemecahan masalah polya. Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika yaitu melakukan seluruh aktivitas regulasi koginsi disemua pemecahan masalah polya akan tetapi hanya optimal pada tahap memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah. siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah SPLDV yaitu tidak melakukan aktivitas regulasi kognisi pada tahap memeriksa kembali hasil yang diperoleh dan melakukan aktivitas regulasi kognisi pada tahap yang lainya akan tetapi hanya optimal pada tahap memahami masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchtar, Rachmat Alirachmatalimuchtar1922@gmail.comD04214015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Regulasi kognisi; memecahkan masalah; kemampuan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muchtar Rachmat Ali
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:18
Last Modified: 02 Aug 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33082

Actions (login required)

View Item View Item