Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Hots pada Ujian Nasional Matematika SMP 2018 ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawardi, Arnindia Via (2019) Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Hots pada Ujian Nasional Matematika SMP 2018 ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arnindia Via Mawardi_D04215004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses berpikir yang dilakukan siswa sangat diperlukan tertutama dalam menyelesaikan soal HOTS pada Ujian Nasional matematika SMP 2018. Proses berpikir merupakan aktivitas mental yang dimulai dari penerimaan informasi, pengelolaan informasi, penyimpanan informasi dan pemanggilan informasi sehingga pada akhirnya siswa mampu melakukan penarikan kesimpulan untuk suatu masalah. Proses berpikir pada siswa yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu proses berpikir konseptual, proses berpikir semi konseptual, dan proses berpikir komputasional. Materi yang digunakan untuk melihat proses berpikir siswa dalam penelitian ini yaitu materi soal HOTS pada Ujian Nasional matematika SMP 2018. Proses berpikir setiap siswa berbeda-beda terutama jika dilihat pada gaya kognitif yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail tentang analisis proses berpikir siswa berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan soal HOTS pada Ujian Nasional Maematika SMP 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam penenelitian ini berjumlah 6 siswa yang diambil dari siswa kelas VIII-G SMPN 25 Surabaya pada semester Genap tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 3 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Data dari tes tertulis dan wawancara dianalisis sesuai dengan indikator dari proses berpikir. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa proses berpikir siswa yang memiliki gaya kognitif field independent cendertung termasuk pada kategori proses berpikir konseptual sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent cenderung pada kategori proses berpikir komputasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawardi, Arnindia Viaarnindiaviamawardi.25@gmail.comD04215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorArrifadah, YuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Proses Berpikir, Soal HOTS; Gaya Kognitif; Field Independent; Field Dependent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mawardi Arnindia Via
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:47
Last Modified: 06 Aug 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33105

Actions (login required)

View Item View Item