Implementasi Produk Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) terhadap peningkatan Omset Usaha Nasabah PT BPR Syariah Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Elok (2019) Implementasi Produk Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) terhadap peningkatan Omset Usaha Nasabah PT BPR Syariah Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Mazidah_G74215061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Produk Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) Terhadap Peningkatan Omset Usaha Nasabah PT BPR Syariah Kota Mojokerto” ini merupakan hasil penelitian yang terwujudkan karena adanya suatu masalah di Kota Mojokerto mengenai permodalan yang sulit di dapatkan di daerahnya sehingga banyak yang menggunakan jasa Bank Titil yang kemudian para pemilik usaha mikro kecil menengah di Kota Mojokerto mulai mengenal adanya program Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) dan sedikit demi sedikit beralih menggunakannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada objek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada nasabah PUSYAR, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui editing, organizing, dan penemuan hasil untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) di PT BPR Syariah Kota Mojokerto dilaksanakan dengan alur pengajuan calon nasabah membawa persyaratan pembiayaan dan melaksanakan ijab di kantor PT BPR Syariah untuk mendapatkan pembiayaan. Jumlah pembiayaan yang di dapat akan diberikan sesuai dengan permintaan dan kualifikasi pembiayaan plafond I atau pembiayaan plafond II. Dari 243 nasabah selama 1 semester yang menggunakan produk Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) tidak dibebankan biaya administrasi dan tidak dibebankan margin untuk pengembalian dananya, karena margin dan biaya administrasi lainnya akan ditanggung oleh pihak BAZ Kota Mojokerto. Dengan berbagai keistimewaan dan kemudahan dari produk tersebut membuat nasabah dapat menggunakan produk pembiayaan tersebut untuk menambah modal usahanya. Modal tersebut yang nantinya akan digunakan nasabah untuk meningkatkan jumlah produksi atau penjualan, sehingga dari situ nasabah akan dengan mudah mendapatkan peningkatan omset penjualan atau produksi usaha mereka. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di PT BPR Syariah Kota Mojokerto, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebagai masukan yang bertujuan untuk kemajuan BPR Syariah terkait pelayanan yang memuaskan yang nantinya akan memudahkan calon nasabah ketika akan membuka rekekning pembiayaan atauoun tabungan serta prosedur dipermudah lagi dan hendaknya besaran pencairan dana permohonan pengajuan sesuai dengan permohonan pengajuan di awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, Elokelok805@gmail.comG74215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Murabahah
Keywords: Pembiayaan; Perbankan; Usaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mazidah Elok
Date Deposited: 02 Aug 2019 09:41
Last Modified: 02 Aug 2019 09:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33148

Actions (login required)

View Item View Item