Analisis Hukum Islam terhadap pembelian Create pada Permainan Playerunknown's Battlegrounds

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nusantara, Satria (2019) Analisis Hukum Islam terhadap pembelian Create pada Permainan Playerunknown's Battlegrounds. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SATRIA NUSANTARA C02215066 (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul analisis hukum Islam terhadap pembelian create pada permainan Playerunknown’s battlegrounds, merupakan hasil penelitian untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik pembelian create pada permainan Playerunknown’s battlegrounds, yang mana mekanisme dan akad dalam jual beli ini belum bisa diteragkan secara jelas, karena barang bukan merupakan barang yang nyata yang bisa diraba karena objeknya ada di dunia maya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pembelian create pada permainan Playerunknown’s battlegrounds. Data penelitian dihimpun melalui teknik wawancara dan observasi. Kemudian setelah menghimpun data yang diperoleh, data memasuki tahapan editing,organizing,dan analyzing. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis yakni mengolah dengan susunan yang deskriptif dengan menggunakan pola pikir induktif atau cara berfikir yang mengambil pernyataan yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa create pada permainan Playerunknown’s battlegrounds adalah transaksi jual beli dengan objek create yang berisi barang-barang pada sebuah permainan. \Dalam membeli barang-barang yang terdapat dalam create tersebut, para player harus membeli uang virtual atau uang virtual terlebih dahulu, kemudian player tinggal memilih create, dalam membeli barang yang terdapat didalam create ini player tidak bisa langsung membeli barang yang terdapat didalam create namun player harus membeli create terlebih dahulu kemudian barang akan keluar, namun barang yang keluar adalah hasil acak sehingga kita tidak bisa mengira apakah barang yang keluar tersebut merupakan barang yang kita pilih tersebut. Jika dilihat dari kacamata hukum Islam, jual beli uang virtual pada permainan Playerunknown’s battlegrounds telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Namun dampak yang ditimbulkan dari jual beli tersebut mengakibatkan perbuatan yang dilarang yakni adanya unsur gharar yang merujuk pada penipuan. Sehingga jual beli tersebut sah namun tidak boleh dilakukan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka untuk para pihak yang berkaitan dengan masalah jual beli uang virtual pada permainan Playerunknown’s battlegrounds tersebut disarankan yang pertama berkaitan dengan jual beli uang virtual pada permaianan Playerunknown’s battlegrounds bahwa sebagai umat muslim kita harus teliti dan cermat dalam memperhatikan kesempurnaan rukun dan syarat dari jual beli dalam Islam agar tidak melanggar ketentuan syara’ . kedua, bagi pembeli uang virtual seupaya lebih memanfaatkan harta yang telah diberikan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat bagi sesama umat muslim. Boleh kita bermain dan melakukan aktivitas jual beli uang virtual namun sesuai dengan batas wajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nusantara, Satriasatrianusantara74@gmail.comC02215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohammadbudielhajj71@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Playerunknown's Battlegrounds;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nusantara Satria
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:52
Last Modified: 06 Aug 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33164

Actions (login required)

View Item View Item