Peningkatan pemahaman mata pelajaran Al Quran Hadis materi hukum bacaan Al Qomariyah dan Al Syamsiyah melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Example Non Example di Kelas II MI Roudlotul Huda Prambon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Tarifah Tamami (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran Al Quran Hadis materi hukum bacaan Al Qomariyah dan Al Syamsiyah melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Example Non Example di Kelas II MI Roudlotul Huda Prambon Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tarifah Tamami Oktaviani_D07215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar hasil pemahaman belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiyah yang dilaksanakan di MI Roudlotul Huda Prambon Sidoarjo pada kelas II nilai rata-ratanya dibawah KKM. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media yang dapat menarik minat peserta didik dalam menunjang proses pembelajaran hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiyah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example untuk meningkatkan pemahaman materi hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiyah mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas II MI Roudlotul Huda Sidoarjo? 2) Bagaimana Peningkatan pemahaman materi hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiyah mata pelajaran Al-Quran Hadis setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example siswa kelas II MI Roudlotul Huda Sidoarjo? Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II MI Rodlotul Huda dengan jumlah 21 . Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang meliputi empat tahap yakni: planning, acting, observing, reflecting. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif teipe Example non Example berjalan dengan baik melalui perbaikan pada refleksi disetiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh 79,41 dengan kriteria kurang, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93.38 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I memperoleh 78,33 dengan kriteria kurang, dan siklus II meningkat menjadi 91,66 dengan kriteria baik. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapat 57,14% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,95% dengan kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Tarifah Tamamitarifatamami@gmail.comD07215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul11@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Al Qur'an
Keywords: Pemahaman; Hukum bacaan; Model Example non Example
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Oktaviani Tarifa Tamami
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:09
Last Modified: 06 Aug 2019 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33377

Actions (login required)

View Item View Item