Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Media Flashcard Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam al-Hikmah Margomulyo Kerek Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Miratun (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Media Flashcard Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam al-Hikmah Margomulyo Kerek Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miratun Nisa'_D78214029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah masih rendah. Hal ini terjadi karena media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang dimanfaatkan. Sehingga peneliti menggunakan media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok A dengan menggunakan media flashcard.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran media flashcard dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah dan mengetahui hasil peningkatan membaca huruf hijaiyah melalui media flashcard pada anak kelompok A.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan bentuk kolaboratif. Model Kurt Lewin merupakan acuan dasar dalam penelitian. Model penelitian ini memiliki 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menjelaskan sebagai berikut: 1) Pra siklus, terdapat 2 siswa yang tuntas dengan memperolah nilai rata-rata 45,83 dengan prosentase 11,11%. 2) Siklus I, terdapat 8 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai rata-rata 60,41 dengan prosentase 44,44%. 3) Siklus II, terdapat 16 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai rata-rata 82,63 dengan prosentase 11,11%. Dari hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media flashcard.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Miratunsuksesmiratunnisa@gmail.comD78214029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Membaca Huruf Hijaiyah: Anak Kelompok A: Media Flashcard
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nisa' Miratun
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:40
Last Modified: 05 Aug 2019 09:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33408

Actions (login required)

View Item View Item