Penerapan Metode Bercerita Variatif untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak kelompok A di TK Zainuddin Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiah, Mujidah Achsanu (2019) Penerapan Metode Bercerita Variatif untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak kelompok A di TK Zainuddin Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mujidah Achsanu Nadiah_D08215008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya metode guru dalam proses pembelajaran Kelompok A di TK Zainuddin. Dari 16 anak hanya ada 6 anak yang dapat menyimak guru dengan sikap yang tenang. Sedangkan murid lainnya masih gaduh, terkhusus saat guru menerapkan metode bercerita dengan media VCD, keadaan kelas menjadi gaduh dan kurang kondusif untuk mengembangkan kemampuan menyimak anak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti berupaya untuk menerapkan Metode Bercerita yang belum diterapkan oleh pihak sekolah maupun guru. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode bercerita variatif untuk menigkatkan kemampuan menyimak anak pada siswa kelompok A di TK Zainuddin Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyimak siswa kelompok A di TK Zainuddn Waru Sidoarjo setelah menggunakan pembelajaran metode bercerta variatif ?. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menggunakan Model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus yang disetiap siklus nya tersri 4 tahap ( perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentai. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : (1 penerapan pembelajaran untuk metode Bercerita Variatif kelompok A Taman Kanak-kanak Zainuddin dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai aktifitas guru meningkat , yaitu pada siklus I menghasilkan nilai rata-rata 34,75 meningkat menjadi 42,18 di siklus II. Sedangkan, untuk aktifitas siswa dalam siklus I menghasilkan nilai rata-rata 35,93 meningkat di menjadi 39,06 di siklus ke II. 2) Ada peningkatan kemampuan menyimak anak melalui metode berceriita variatif pada kelompok A di TK Zainuddin Waru Sidoarjo. Hal tersebut terbukti dari hasil prosentase yang didapatkan dari nilai kemampuan menyimak anak yang dibandingkan antara kedua siklus. Siklus I menghasilkan nilai prosentase 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.25%. berdasarkan hasil penelitian aktifitas guru dan siswa menjadikan perubahan kearah yang lebih baik dikarenakan adanya peningkatan di setiap siklus nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiah, Mujidah Achsanumujidahachsanunadiah27@gmail.comD08215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Menyimak; Metode Bercerita Variatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nadiah Mujidah Achsanu
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:31
Last Modified: 07 Aug 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33440

Actions (login required)

View Item View Item