Analisis sektor basis dan non basis pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Madiun Tahun 2013-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Aldy Eko (2019) Analisis sektor basis dan non basis pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Madiun Tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldy Eko Wicaksono_G71215013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sektor Basis Non Basis Pada Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Madiun Tahun 2013-2017” penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sektor potensial yang ada di Kabupaten Madiun dan bagaimana peran pemerintah Kabupaten Madiun meningkatkan sektor potensial yang memiliki daya saing untuk meningkatkan pertumbuhan di Kabupaten Madiun. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder berasal dari data PDRB Provinsi dan Kabupaten. Metode yang digunakan dalam menentukan sektor unggulan di Kabupaten Madiun adalah Location Quotient (LQ), analisis Shift Share untuk mengidentifikasi tingkat pertumbuhan ekonomi. Hasil dari analisis Location Qoutient (LQ) rata-rata pada tahun 2013-207 dapat diketahui bahwa yang tergolong sektor basis di Kabupaten Madiun adalah (1) Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, (2) Sektor Pengdaan air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, (3) Sektor Konstruksi, (4) Sektor Informasi dan Komunikasi, (5) Sektor jasa Keuangan dan Asuransi, (6) Sektor Real Estat, (7) Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, (8) Sektor Jasa Pendidikan, (9) Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, (10) Sektor lainnya. Memiliki nilai Location Quotient (LQ) lebih dari satu (LQ>1), dengan demikian dapat diartikan bahwa sektor ekonomi tersebut mampu mengekspor hasil produksinya ke daerah lain. Hasil dari analisis Shift Share (SS) sektor basis yang memiliki daya saing yaitu 1) Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, (2) Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, (3) Kontruksi, (4). Informasi Komunikasi (5). Jasa Keuangan dan Asuransi, (6) Real Estate (7) Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib (8) Jasa Pendidikan (9) Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial (10) Jasa Lainnya. Sektor tersebut mempunyai peran yang besar terhadap PDRB. Sektor tersebut sangat berarti bagi Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Madiun Peneliti menyarankan pemerintah Kabupaten Madiun untuk memprioritaskan pengembangan sektor yang menjadi basis serta memiliki bertumbuhan dan daya saing yang tinggi guna untuk meningkatkan perekonomian pada Kabupaten Madiun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Aldy Ekoaldyeko@gmail.comG71215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Sektor Basis; Sektor Non Basis; Pertumbuhan Ekonomi; LQ; Shift Share
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wicaksono Aldy Eko
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:51
Last Modified: 07 Aug 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item View Item