Peningkatan kemampuan mengenal bentuk Geometri melalui Permainan Lompat Geometri pada Kelompok B-3 di Raudlathul Athfal Perwanida Rejoso Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Amim (2019) Peningkatan kemampuan mengenal bentuk Geometri melalui Permainan Lompat Geometri pada Kelompok B-3 di Raudlathul Athfal Perwanida Rejoso Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amim Nafi'ah_D98215017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada kelompok B-3 di RA Perwanida Rejoso Nganjuk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri yang dikarenakan media atau permainan yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran masih kurang maksimal. Dengan demikian, peneliti menggunakan cara dengan menerapkan permainan lompat geometri agar anak dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B-3 RA Perwanida Rejoso Nganjuk yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, penilaian tes tulis, dan dokumentasi. Hasil prosentase pra siklus pada indikator menyebutkan enam bentuk geometri mencapai 25% dan pada indikator memasangkan puzzle bentuk geometri mencapai 15%. Pada siklus I mengalami peningkatan, yaitu pada indikator menyebutkan enam bentuk geometri mencapai 75% dan pada indikator memasangkan puzzle bentuk geometri mencapai 55%. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali, pada indikator menyebutkan enam bentuk geometri mencapai 80% dan pada indikator memasangkan puzzle bentuk geometri mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam mengenal bentuk geometri pada kelompok B-3 di RA Perwanida Rejoso Nganjuk dapat ditingkatkan melalui permainan lompat geometri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Amimamimnafiah@gmail.comD98215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, BahriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri; Permainan Lompat Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nafi'ah Amim
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:54
Last Modified: 06 Aug 2019 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33497

Actions (login required)

View Item View Item